SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

Hot : Driver Intel di Windows Akan Kumpulkan Data Telemetri Pengguna - Winpoin

 

Hot : Driver Intel di Windows Akan Kumpulkan Data Telemetri Pengguna

By Gylang Satria
winpoin.com
August 8, 2023

Dalam update Driver Intel versi 31.0.101.4578 Beta di Windows, Intel menghadirkan sejumlah optimisasi yang cukup penting, termasuk adanya optimisasi pada game Baldur’s Gate 3 yang cukup populer. Namun kawan kawan, driver ini ternyata mengandung komponen telemetri yang tidak tercantum dalam release note loh.

Menurut TechPowerUp, paket driver beta berisi Intel’s Computing Improvement Program (CIP) yang mana ini akan mengumpulkan data pengguna untuk membantu meningkatkan kinerja driver. Opsi ini sendiri ternyata telah diaktifkan secara default tetapi juga dapat dinonaktifkan secara manual jika pengguna menginginkannya.

Sementara itu, Intel menyatakan bahwa driver mengumpulkan berbagai pelanggan yang mencakup hal-hal seperti kategori situs web, meskipun Intel memastikan tidak mengambil alamat situs web (URL), selain itu, dalam artikel tambahan Intel juga menjelaskan detail tentang program, termasuk apa yang dikumpulkan dan bagaimana penggunaannya. Baca informasi mengenai hal ini pada halaman dukungan Intel berikut.

Daftar apa saja data yang diambil driver Intel via TechPowerUp

Secara umum, hal ini memang bertujuan baik karena memang ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja driver, namun tentu data yang diambil ternyata cukup banyak termasuk informasi hardware dan bahkan kategori situs web yang pengguna kunjungi menjadikan hal ini membuat pengguna paranoid terlebih dengan kekhawatiran penyalahgunaan data yang biasanya terjadi.

Lalu apakah kita bisa menonaktifkannya? tentu saja bisa, ketika proses instalasi driver, kamu bisa menghilangkan centang pada opsi Intel Computing Improvement seperti pada gambar diatas.

Nah bagaimana nih menurutmu mengenai hal ini? Komen dibawah dan berikan pendapat dan opinimu.

Via : TechPowerUp

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin