30 mesin pencari keamanan siber terbaik untuk tahun 2024 - tek id

Jepang Bikin Robot Setinggi 4,5 Meter, Bisa Dikemudikan dan Dikendalikan dari Jarak Jauh - inews

 

Jepang Bikin Robot Setinggi 4,5 Meter, Bisa Dikemudikan dan Dikendalikan dari Jarak Jauh

inews.id
August 22, 2023
Jepang Bikin Robot Setinggi 4,5 Meter
Jepang Bikin Robot Setinggi 4,5 Meter

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan asal Jepang Tsubame Industry menciptakan robot mirip gundam yang bisa dikemudikan. Tingginya mencapai 4,5 meter.

Robot yang dijuluki ARCHAX dibanderol 2.75 juta dolar AS atau setara Rp41 miliar ini mempunyai bobot 3,5 ton. Dalam pengoperasiannya, robot ditenagai baterai 300V dan bisa beralih dari mode berdiri ke bisa dikendarai dengan kecepatan maksimal 10km/jam.

ARCHAX terinspirasi dari dinosaurus terbang Archaeopteryx. Perusahaan mengumumkan robot akan memasuki pasar sekitar satu tahun mendatang. Target pasar dari robot ini miliarder kaya asing.

Robot ini sendiri terbuat dari perpaduan besi dan aluminium. Sedangkan kulit luarnya sebagian besar terdiri atas plastik yang diperkuat serat yakni FRP. Pengguna yang ada di dalamnya dapat melakukan manuver dengan bantuan kamera.

Pengendara ARCHAX dapat melihat rekaman yang ditangkap oleh 26 kamera berbeda yang dipasang di seluruh tubuh robot, yang dimasukkan ke sejumlah monitor di dalam kokpit untuk melakukan pemantauan dengan leluasa.

Sebagaimana dikutip dari Oditty Central, panel kontrolnya mirip dengan mesin konstruksi yakni terdiri dari dua joystick, sejumlah pedal, dan layar sentuh. Menariknya, ARCHAX juga bisa dioperasikan dari jarak jauh.

Robot juga dapat dimiringkan ke depan maksimal 20 derajat dalam mode berdiri dan 30 derajat dalam mode berkendara demi memastikan tak jatuh. Jika nilai ini terlampaui, sistem dimatikan untuk mencegah kecelakaan serius.

Untuk fitur lainnya, ARCHAX memiliki jari-jari lengan mekanis yang dapat digerakkan, dan dapat memegang berbagai benda, tetapi beratnya dibatasi hingga 15 kilogram untuk alasan keamanan.

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin