Layanan Gmail Sekarang Punya Fitur Penjadwalan Google Calendar - jawapos

 

Layanan Gmail Sekarang Punya Fitur Penjadwalan Google Calendar

By Rian Alfianto
jawapos.com
August 3, 2023
Ilustrasi: Gmail sekarang punya fitur penjadwalan Google Calendar.
Ilustrasi: Gmail sekarang punya fitur penjadwalan Google Calendar.

JawaPos.com - Google telah mengumumkan fitur penjadwalan baru untuk seluruh pengguna Gmail. Pengguna layanan pesan elektronik milik Google itu sekarang memiliki integrasi fungsi Google Calendar langsung ke dalam platform.

Tujuan dari dirilisnya fitur ini adalah untuk menyederhanakan dan meningkatkan proses penjadwalan acara dan berbagi ketersediaan pengguna. Diketahui, berbanding lurus dengan larisnya pengguna Android, Gmail juga menjadi salah satu aplikasi email paling banyak digunakan.

"Kami menambahkan fitur ke Gmail yang membantu Anda menemukan waktu rapat 1:1 yang nyaman dengan orang lain dengan lebih cepat. Ini sangat berguna saat menjadwalkan waktu dengan pelanggan, mitra, atau orang di organisasi Anda yang Google Kalendernya tidak terlihat oleh Anda," jelas Google di blog resminya.

Fitur terbaru dapat diakses melalui ikon kalender baru yang terletak di bagian bawah tampilan percakapan email. Di sini, pengguna diberi dua opsi yakni "Buat acara" dan "Tawarkan waktu senggang Anda".

Dengan memilih “Buat acara”, acara Google Calendar segera dibuat, menggunakan baris subjek email sebagai judul acara dan penerima sebagai peserta. Selain itu, ringkasan acara juga bisa ditambahkan ke badan email agar mudah dibagikan.

Sebelum pembaruan ini, pengguna hanya dapat mengakses fitur ini melalui menu tiga titik Gmail. Fitur kedua, "Tawarkan waktu senggang Anda", memberi pengguna kemampuan untuk berbagi waktu yang tersedia.

Dengan memilih slot waktu di kalender sidebar mereka, pengguna dapat dengan mudah membagikannya dengan penerima email. Fungsionalitas ini bertujuan untuk menghilangkan komunikasi bolak-balik yang sering memakan waktu selama penjadwalan rapat 1:1.

Namun, untuk email yang menyertakan beberapa penerima, undangan hanya akan dikirim ke orang pertama yang mengonfirmasi waktu yang disarankan. Fitur baru kini dapat diakses oleh semua klien Google Workspace serta pemegang akun Google pribadi.

Meskipun alat ini awalnya eksklusif untuk pelanggan Workspace premium, Google telah memperluas akses untuk menyertakan pengguna akun pribadi. Peluncuran alat ini telah dimulai dengan domain Rilis Cepat dan diperkirakan akan tersedia di domain Rilis Terjadwal pada akhir Juli.

Bersamaan dengan peningkatan ini, Google baru-baru ini memperkenalkan fitur lokasi kerja Google Calendar yang ditingkatkan yang menandai langkah lain menuju produktivitas yang lebih efisien dan proses kerja yang disederhanakan.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)