Menkominfo Minta Operatur Seluler Batasi Akses Nomor Pinjol Ilegal By BeritaSatu

 

Menkominfo Minta Operatur Seluler Batasi Akses Nomor Pinjol Ilegal

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 7, 2023
Budi Arie Setiadi.
Budi Arie Setiadi.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi akan meminta operator seluler membatasi akses nomor telepon yang digunakan dalam kejahatan online, termasuk pinjaman online (pinjol) ilegal. Dengan cara ini, harapannya pelaku kejahatan online dan pinjol ilegal tidak bisa lagi melancarkan aksinya.

"Nanti saya akan imbau kepada operator seluler supaya jangan nomor telepon seluler kita dipakai untuk kejahatan online, jadi harus jelas kegunaanya," kata Menkominfo Budi Arie dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 dengan tema "Melawan Kejahatan Keuangan Berbasis Digital", di Jakarta, Senin (21/8/2023).

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menkominfo mengatakan potensi kerugian akibat pinjol ilegal dan penipuan online lainnya mencapai Rp 138 triliun. Karenanya, program literasi digital harus terus ditingkatkan, sehingga harapannya masyarakat lebih melek terhadap ancaman kejahatan digital.

"Kami dari Kemenkominfo sudah melakukan program literasi kepada sekitar 22 juta orang, dan akan terus berjalan ke seluruh Indonesia," ungkapnya.

Budi menambahkan, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, seperti dengan pihak kepolisian untuk penegakan hukum, termasuk juga berkoodinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

"Kita terus berkoordinasi dengan OJK, mana saja yang pinjol ilegal. 20 sampai 50 pinjol ilegal kita tutup setiap hari. Begitu OJK bilang takedown yang ilegal, pasti kita takedown," tambahnya.

Menkominfo juga meminta lembaga keuangan yang terdaftar di OJK untuk ikut melindungi masyarakat agar terhindar dari kejahatan digital.

"Lembaga keuangan yang sudah punya nama itu juga lindungi dong, jangan sampai link mereka dipalsukan, sehingga membuat masyarakat tertipu," harap Budi.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)