Diklaim Kuat, Bodi Belakang iPhone 15 Pro Max Malah Retak saat Ditekuk - Kumparan

 

Diklaim Kuat, Bodi Belakang iPhone 15 Pro Max Malah Retak saat Ditekuk

Bodi belakang iPhone 15 Pro Max retak ketika ditekuk. Foto: JerryRigEverything/YouTube
Bodi belakang iPhone 15 Pro Max retak ketika ditekuk. Foto: JerryRigEverything/YouTube
Nikmati gratis baca kumparanPLUS di aplikasi
Klaim
Seorang YouTuber menguji durabilitas iPhone 15 Pro Max. Namun, hasil tes menunjukkan ketahanan iPhone termahal di 2023 kurang menjanjikan dan tampak ringkih.
iPhone 15 Series resmi dijual perdana di AS, Singapura, dan sejumlah negara lain sejak Jumat (22/9) lalu. iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max menjadi model paling premium dan kuat berkat material titanium.
Kedua smartphone memiliki sasis titanium grade 5, tapi struktur internalnya masih terbuat dari aluminium. Apple menggunakan proses thermo-mechanical untuk menyatukan kedua logam itu, digabung dengan bodi berbahan kaca di bagian belakang dan depan yang didukung pelindung Ceramic Shield.
Klaim tersebut menarik perhatian Zack Nelson untuk menguji ketahanan HP titanium tersebut. YouTuber dengan nama channel JerryRigEverything itu berusaha "menyiksa" iPhone 15 Pro Max dengan berbagai cara, mulai dari ditekuk, digores, hingga dibakar.
Hasilnya, layar perangkat dan lensa kamera tampak cukup kuat terhadap goresan, hanya menunjukkan sedikit bekas baret kecil. Sebaliknya, bekas goresan terlihat jelas di bagian sisi iPhone 15 Pro Max ketika dibaret dengan cutter.
Sementara itu, bodi belakang iPhone 15 Pro Max malah memprihatinkan. Bodi belakang yang bermaterial kaca langsung retak ketika Nelson menekuknya.
"Ya, saya akan jujur; saya tidak menyangka hal itu (retak) terjadi," kata Nelson dalam videonya di YouTube.
Dia menduga kaca belakang mudah retak karena titanium memiliki kekuatan tarik lebih besar dibandingkan aluminium. Ada juga kemungkinan titanium tidak elastis seperti aluminium, sehingga kaca mendapat semua tekanan.
Dugaan lain adalah karena material kaca iPhone 15 Pro Max bersifat modular. Dia kini lebih mudah pecah karena tidak lagi menempel di bagian belakang HP.
Selain kaca belakang yang pecah, tidak ada dampak besar yang terjadi pada iPhone 15 Pro Max hingga akhir pengujian. Perangkat juga masih berfungsi dengan baik.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)