Google Tunda Peluncuran Android 14, Apa Saja Dampaknya? By BeritaSatu

 

Google Tunda Peluncuran Android 14, Apa Saja Dampaknya?

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 8, 2023
Android 14
Android 14

Jakarta, Beritasatu.com - Google telah mengumumkan penundaan peluncuran Android 14 versi final atau stabil hingga awal Oktober 2023. Tadinya sistem operasi terbaru Android tersebut direncanakan akan diluncurkan pada akhir Agustus atau awal September 2023.

Dilansir dari Gizchina, Sabtu (9/9/2023), Android 14 rencananya akan diluncurkan pada 4 Oktober 2023. Artinya berbarengan dengan acara "Made By Google" yang akan diadakan di New York City. Di acara tersebut juga akan diluncurkaan Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang sudah lama ditunggu.

Penundaan ini dapat menjadi tantangan bagi beberapa merek ponsel seperti OnePlus, yang telah mengumumkan peluncuran OxygenOS 14 pada 25 September. Jika Android 14 baru tersedia pada Oktober 2023, OnePlus mungkin akan menghadapi kesulitan dalam memenuhi jadwal peluncurannya.

Sebagian kalangan menilai, penundaan ini juga dapat dilihat sebagai tanda positif. Ini menunjukkan bahwa Google ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk memoles Android 14 secara menyeluruh sebelum merilisnya, dengan fokus pada pengalaman yang stabil dan bebas bug bagi pengguna.

Sementara itu, Xiaomi juga telah mengumumkan daftar ponsel yang mendapatkan update MIUI 15. Pembaruan MIUI 15 ini juga akan dibangun di atas Android 14 Google. Fitur baru yang akan hadir seperti penyesuaian lebih luas pada kunci layar, serta peningkatan privasi dengan kemampuan memblokir instalasi aplikasi lama.

Menurut beberapa sumber, MIUI 15 diperkirakan akan diumumkan secara resmi pada November 2023, sehingga tidak akan terpengaruh dengan penundaan peluncuran Android 14.

Google dalam acara Made by Google kemungkinan juga akan merilis Pixel Watch 2. Perangkat ini akan memperkuat jajaran produk Google, pasalnya Apple juga berencana merilis seri iPhone 15 dan perangkat lainnya pada pekan depan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin