iPhone 14 Pro vs iPhone 15 Pro, Apa Bedanya Selain USB-C? - detik

 

iPhone 14 Pro vs iPhone 15 Pro, Apa Bedanya Selain USB-C?

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 13 Sep 2023 13:44 WIB
iPhone 15 Pro
Perbedaan iPhone 14 Pro vs iPhone 15 Pro (Foto: Apple)
Daftar Isi
Jakarta-

Pembaruan paling besar ada di iPhone 15 Pro Max, namun bukan berarti iPhone 15 Pro tak punya peningkatan dibanding iPhone 14 Pro, selain USB-C tentunya. Apa saja?

Dimensi

Pertama adalah material bodi yang dipilih, karena Apple akhirnya meninggalkan stainless steel dan menggantinya dengan titanium untuk bodi iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Titanium adalah bahan yang jauh lebih ringan dibanding stainless steel, yang membuat iPhone seri Pro ini jauh lebih ringan dibanding sebelumnya.

Sebagai informasi, iPhone 14 Pro punya bobot 206 gram, sementara iPhone 15 Pro bobotnya hanya 187 gram, selisih 19 gram atau 9% lebih ringan. Meski terlihat hanya selisih sedikit, semestinya perbedaan 19 gram ini akan sangat terasa di genggaman tangan. Terlebih lagi pengguna iPhone seri Pro, terutama seri 13 Pro dan 14 Pro memang sering mengeluhkan kalau "HP boba" ini sangat berat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski lebih ringan, namun dari segi dimensi ternyata iPhone 15 Pro malah lebih tebal dibanding iPhone 14 Pro, yaitu 8,25mm berbanding 7,85mm.

Baca juga:

USB-C

Perubahan port Lightning menjadi USB-C adalah perubahan paling besar antara iPhone 14 Pro dan iPhone 15 Pro. Apple menjanjikan USB-C yang dipakai ini bukan sekadar USB-C, namun HP pertama dengan USB-C yang mendukung kecepatan transfer 10Gbps (port Lightning hanya mendukung 480Mbps).

Memang buat apa kecepatan transfer setinggi itu? Menurut Apple, ini berguna untuk mentransfer foto, video, atau file apapun yang berukuran besar. Mereka mendemonstrasikan kalau iPhone 15 Pro bisa dipakai memotret secara tether (terhubung dengan USB-C ke MacBook), ataupun merekam video ProRES langsung ke SSD eksternal.

Apple A17 Pro

iPhone 15 Pro juga jadi HP pertama yang memakai chip A17 Pro, yaitu chip dengan pabrikasi 3nm. Performanya CPU 10x lebih kencang dibanding sebelumnya, dan berbagai peningkatan lain. Soal performa A17 Pro ini dibahas lebih detail di artikel terpisah.

Namun yang jelas A17 Pro punya decoder AV1 khusus yang diklaim lebih efisien untuk video streaming. Juga membuat perekaman video 4k/60 bisa ditransfer langsung ke USB-C.

Action Button

Ini adalah tombol di atas tombol volume, yang sebelumnya berupa slider untuk menyalakan/mematikan mode mute. Namun kini slider itu diubah menjadi tombol dengan fungsi yang bisa dikustomisasi, dari mulai membuka kamera, menyalakan senter, dan berbagai fitur lainnya.

Kamera

Di sektor ini, perbedaan iPhone 14 Pro dan 15 Pro relatif tak terlalu terasa, karena kamera dengan zoom optik 5x hanya tersedia di iPhone 15 Pro Max. Sensor kamera utamanya tetap 48MP, dengan sensor yang disebut lebih besar 25%.

Apple hanya menerapkan trik baru, yaitu sensor crop 1,2x dan 1,5x. Perubahan ini membuat pengguna bisa memotret dengan focal length setara 28mm dan 35mm, bukan 24mm.

Baca juga:

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)