30 mesin pencari keamanan siber terbaik untuk tahun 2024 - tek id

Ini yang Membuat iPhone 15 Pro Terasa Ringan - detik

 

Ini yang Membuat iPhone 15 Pro Terasa Ringan

By Anggoro Suryo
detikcom
September 18, 2023
Ini yang Membuat iPhone 15 Pro Terasa Ringan. Foto: Getty Images/Justin Sullivan
Ini yang Membuat iPhone 15 Pro Terasa Ringan. Foto: Getty Images/Justin Sullivan
Jakarta-

Salah satu perubahan iPhone 15 Pro dari iPhone 14 Pro adalah material yang dipakai, yaitu dari stainless steel menjadi titanium.

Sebagai informasi, iPhone 14 Pro punya bobot 206 gram, sementara iPhone 15 Pro bobotnya hanya 187 gram, selisih 19 gram atau 9% lebih ringan. Meski terlihat hanya selisih sedikit, semestinya perbedaan 19 gram ini akan sangat terasa di genggaman tangan.

Namun ada hal lain yang membuat iPhone 15 Pro ini terasa lebih ringan, selain bobotnya yang memang berkurang. Yaitu momen inersia.

Momen inersia adalah besaran yang menunjukkan ukuran kelembaman atau kencenderungan sebuah benda dalam mempertahankan keadaannya terhadap gerak rotasi.

Nilainya ditentukan dari massa sebuah objek dan bagaimana massa itu didistribusikan. Semakin jauh massa itu dari titik pusat rotasi, semakin besar momen inersianya. Nah, untuk benda yang dipegang menggunakan tangan, seperti HP, kelembaman terhadap putaran punya peran penting dalam mengubah "bobot" benda saat dipakai sehari-hari.

Untuk kasus iPhone 15 Pro, perubahan berat HP terjadi karena perubahan bahan dari stainless steel ke titanium. Berdasarkan analisis dari Dr. Drang di blog LeanCrew, perubahan bahan ini sangat penting karena titanium lebih ringan dibanding stainless steel, dan posisinya ada di pinggir karena ada pada rangka HP.

Sehingga efeknya untuk mengurangi momen inersia menjadi lebih signifikan dari sekadar mengurangi bobot HP, dari 206 gram (iPhone 14 Pro) menjadi 187 gram (iPhone 15 Pro), demikian dikutip detikINET dari Macrumors.

"Pengurangan ini, yang lebih besar dibanding pengurangan massa, membuat iPhone 15 Pro lebih mudah diputar, dan hal itu semakin menambah impresi kalau bobotnya menjadi jauh lebih ringan dibanding 14 Pro," tulis Dr. Drang di blog tersebut.

Dr. Drang juga menyebut pengurangan momen inersia akibat perubahan stainless steel menjadi titanium ini berkisar 14%-15%. Jadi kesimpulannya, iPhone 15 Pro bukan cuma bobotnya yang berkurang 9%, namun desainnya membuat distribusi berat yang lebih baik sehingga bisa terasa lebih ringan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin