iPhone 15 Pro Kalah sama HP Android Murah, Cek Faktanya! - CNBC Indonesia

 

iPhone 15 Pro Kalah sama HP Android Murah, Cek Faktanya!

Redaksi, CNBC Indonesia
Tech
Senin, 18/09/2023 15:45 WIB
Foto: Apple resmi meluncurkan iPhone 15. (REUTERS/Loren Elliott)

Jakarta, CNBC Indonesia - iPhone 15 Pro dan Pro Max menjadi ponsel pertama Apple yang dibalut material titanium. Sebelumnya, Apple konsisten memakai baja.

Sebagai catatan, titanium grade 5 pada iPhone 15 Pro dan Pro Max digunakan pula pada rover pesawat antariksa yang mengudara ke mars. Untuk itu, tak perlu diragukan lagi kekokohannya.

Selain itu, titanium juga lebih ringan ketimbang baja. Tak heran jika banyak pihak memuji inovasi yang dilakukan Apple.

Namun, perlu dicatat bahwa Apple bukan pabrikan HP pertama yang menggunakan material titanium. Pada 2017 lalu, Essential Phone yang berjalan pada sistem operasi Android sudah lebih dulu menggunakan bahan premium tersebut.

Sayangnya, Essential Phone tak bertahan lama lantaran kurang laku di pasaran. Merek tersebut didirikan oleh Andy Rubin, yakni mantan eksekutif Google yang disebut-sebut sebagai 'Bapak Android'.

Produk pertama Essential Phone adalah 'PH-1'. Secara hardware, HP ini benar-benar premium meski harganya kala itu 'hanya' 330 euro (Rp 5,4 jutaan).

Essential Phone PH-1 dibalut dengan bingkai titanium dengan lapisan keramik. Namun, aspek lainnya memang tergolong 'entry level'. Misalnya saja layar LCD (belum OLED), dan spesifikasi kamera yang kurang menjanjikan.

Akan tetapi, dari segi hardware, bisa dibilang Essential Phone PH-1 merupakan HP Android yang pernah diluncurkan, dikutip dari 9to5Google, Senin (18/9/2023).

Bahkan, 9to5Google menyebut titanium yang dipakai pada Essential Phone PH-1 lebih baik ketimbang iPhone 15 Pro. Essential Phone PH-1 menggunakan titanium yang sudah dipoles, sehingga finishing-nya lebih nyaman saat digenggam.

Sayangnya, Essential Phone kini sudah pensiun. Padahal, bulan lalu seharusnya merek tersebut sudah berusia 6 tahun. Saat debut, ponsel ini memang digempur persaingan ketat.

Kala itu, Google Pixel juga baru diperkenalkan. Bersamaan dengan itu, kompetisi pabrikan HP juga makin kencang ditandai banyaknya pabrikan baru dari China.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)