30 mesin pencari keamanan siber terbaik untuk tahun 2024 - tek id

Jumlah Pengguna ChatGPT Drop, Apa Sebabnya? By CNN Indonesia

 

Jumlah Pengguna ChatGPT Drop, Apa Sebabnya?

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
July 10, 2023
Jumlah pengguna ChatGPT menurun usai sempat meningkat pada akhir 2022. (REUTERS/FLORENCE LO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah pengguna platform chatbot kecerdasan buatan (AI), ChatGPT dilaporkan menurun untuk pertama kalinya usai peningkatan sejak akhir 2022.

Menurut data yang dibagikan oleh perusahaan analisis internet Similarweb, bulan lalu, trafik alias lalu lintas seluler dan desktop ke situs web ChatGPT turun 9,7 persen secara global.

Jika data Similarweb akurat, penurunan ini menandai pertama kalinya ChatGPT mengalami penurunan pengguna. Pada Juni lalu, pelacak aplikasi Sensor Tower juga melihat unduhan ChatGPT di iOS turun setelah mencapai puncaknya di awal bulan.

OpenAI tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Engadget terkait lesunya pengguna ChatGPT. Namun, berkurangnya minat terhadap ChatGPT tampaknya menjadi bagian dari tren industri.

Angka-angka dari Similarweb menunjukkan lebih sedikit orang yang mengunjungi situs web desktop dan seluler untuk Microsoft Bing, Google Bard, dan Character.AI dalam beberapa bulan terakhir.

Microsoft misalnya, melihat lonjakan trafik ke mesin pencarinya antara bulan Februari dan Maret ketika Bing AI tersedia dalam pratinjau publik.

Sejak saat itu, trafik bulanan ke situs web terus menurun, hampir kembali ke level sebelum Microsoft memperbarui Bing dengan GPT-4.

Secara terpisah, Similarweb mengatakan bahwa mereka melihat penurunan keterlibatan ChatGPT, dengan menit pengguna turun 8,5 persen pada Mei 2023.

Menyoal penurunan pengguna itu, The Washington Post menduga hal itu dipengaruhi akhir tahun ajaran dan sebagian besar mahasiswa sedang berlibur semester.

ChatGPT yang dikembangkan oleh perusahaan OpenAI terjadi ledakan pengguna pada saat diluncurkan akhir tahun lalu. Hal itu memacu perusahaan raksasa teknologi besar lainnya berlomba menyediakan alat untuk bersaing, mulai dari Google hingga Microsoft. 

(can/lth)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin