9 Langkah Mudah Edit Video di Aplikasi CapCut Versi Laptop By BeritaSatu

9 Langkah Mudah Edit Video di Aplikasi CapCut Versi Laptop

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Aplikasi Capcut versi Laptop
Aplikasi Capcut versi Laptop

Jakarta, Beritasatu.com - CapCut adalah aplikasi edit video tidak berbayar yang sangat populer bagi pengguna ponsel iPhone dan Android. CapCut juga bisa digunakan pada personal computer (PC) dan laptop melalui desktop.

Aplikasi CapCut versi laptop juga memiliki beberapa fitur unggulan, seperti filter, efek, musik bebas hak cipta, pengedit audio, teks, stiker, dan kemampuan untuk ekspor video dengan kualitas tinggi.

Fitur CapCut versi laptop tergolong lengkap dan mudah digunakan oleh kreator konten pemula. Berikut langkah mudah mengedit video dengan CapCut versi laptop.

1. Unduh dan instal aplikasi CapCut di laptop
Pertama, Anda harus mengunduh CapCut versi laptop dengan mencari aplikasi CapCut di Microsoft atau App Store. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi CapCut dan mulai proyek baru.

2. Atur proyek
Pilih ikon “Pengaturan”, kemudian klik ikon tersebut untuk menentukan lokasi penyimpanan proyek, menyesuaikan durasi proyek, dan atur kecepatan bingkai video. Lalu klik “Mulai Membuat”.

3. Impor bahan video
Selanjutnya, impor atau masukan semua klip dan bahan video yang ingin diedit ke timeline. Atur urutan klip video sesuai dengan alur cerita yang diinginkan. Setelah menambahkan bahan video, pengguna bisa menyesuaikan rasio video sesuai kebutuhan. Ada beberapa pilihan rasio, yaitu untuk format video YouTube, Instagram Reels, dan TikTok.

4. Potong dan gabungkan klip video
Setelah semua klip dan bahan video berada di timeline, pengguna bisa gunakan fitur alat pemotong video atau Split dan Select. Potong semua bagian video yang tidak diinginkan, lalu tekan tombol hapus pada keyboard laptop.

Setelah memotong semua video yang tidak dibutuhkan, pengguna bisa menggabungkan klip-klip video agar menjadi video yang utuh dan lengkap.

5. Transisi dan efek visual
Pengguna juga bisa menerapkan berbagai transisi dan efek visual pada video. Transisi berguna untuk memberikan kesan peralihan yang mulus antar video. Aplikasi CapCut juga dilengkapi dengan berbagai efek visual yang akan membuat tampilan video lebih menarik, seperti efek stabilkan, kecepatan, animasi, hingga efek kreatif lainnya.

6. Menambahkan audio
Tambahkan musik latar dari aplikasi CapCut atau audio milik Anda pada video. Musik yang tersedia di CapCut bebas hak cipta, dan hanya legal digunakan di TikTok. Atur volume audio agar lebih seimbang dan jernih, sehingga bisa dinikmati oleh penonton.

7. Pengaturan warna dan koreksi gambar
Gunakan fitur untuk menyesuaikan warna video, seperti mengatur kecerahan, kontras, dan saturasi. Pengguna juga bisa menambahkan preset atau templat filter video yang tersedia di CapCut.

Selain mengatur warna, CapCut versi desktop juga bisa mengoreksi warna video, memastikan warna, tingkat kecerahan bayangan, dan mengoptimalkan sorotan video.

8. Teks dan grafis
Untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan menarik, Anda bisa menambahkan teks, judul, dan grafis yang menarik. Pilih gaya teks, ukuran, warna, dan efek animasi teks yang sesuai dengan nuansa video. Jangan gunakan efek animasi teks yang berlebihan.

9. Ekspor
Sebelum mengekspor konten, pastikan video sudah diedit sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jika sudah sesuai, klik ikon “Ekspor” yang ada di sudut kanan atas. Beri nama proyek, lalu klik “Simpan”. Video yang sudah diedit akan tersimpan otomatis.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)