BitLocker Ternyata Memberikan Dampak Buruk Ke Performa SSD - Winpoin

 

BitLocker Ternyata Memberikan Dampak Buruk Ke Performa SSD

winpoin.com
2 min
October 23, 2023

Dua minggu lalu ada kabar bahwa Microsoft Konfirmasi Error 65000 di Enkripsi BitLocker Windows 10 dan Windows 11, dimana Error tersebut mempengaruhi semua versi client Windows baik itu Windows 10 (22H2, 21H2 dan Enterprise LTSC 2019 dan 2021) serta Windows 11 (21H2 dan 22H2).

Nah selain itu, baru baru ini ada kabar yang masih bersangkutan dengan BitLocker guys, dimana menurut Toms Hardware, enkripsi BitLocker berbasis perangkat lunak default (XTS-AES 128, di mana XTX adalah singkatan dari XEX Tweakable Block Cipher dengan Ciphertext Stealing dan AES adalah Advanced Encryption Standard), yang diaktifkan secara default pada PC bawaan seperti laptop dan notebook ternyata mempengaruhi kinerja SSD dengan sangat signifikan. Dan menariknya nih, menurut Toms Hardware, setidaknya dampaknya bisa mencapai 45%.

We reached out to several OEMs, and Dell, HP, and Lenovo told us they ship systems with Windows 11 Pro with software-based encryption unless a user orders an SSD that has hardware-based encryption available. It’s not clear if they always enable hardware encryption on every SSD that supports the feature, but if you don’t pay extra for such a drive, you’ll likely end up with reduced storage performance. We haven’t received a response from several other OEMs yet, but we suspect most have similar policies in place.

Sebagai pengujian, Toms Hardware juga menguji salah satu SSD PCIe Gen 4 tercepat yaitu Samsung 990 Pro 4TB. Dampak paling kecil terlihat pada sequential peak speed tests, dimana dalam pengujian DiskBench 50GB file copy test, drive dengan software encryption mendapati 13% performance loss.

Selanjutnya kinerja yang dicapai ternyata jauh lebih buruk pada random reads and writes terutama pada Queue Depth 1 (QD1) tests, dalam pengujiannya terdapat penurunan performa sebesar 21% pada IOPS, dampaknya bahkan lebih besar dalam kasus random write karena SSD 990 Pro mendapatkan hasil sebesar 46%.

Sementara itu, ketika QD diubah menjadi 256, dampaknya berbeda karena perangkat keras dan perangkat lunak sama-sama mengalami penurunan kinerja yang besar ketika berbicara tentang write :

Mengaktifkan BitLocker Akan Memperlambat Kinerja SSD

Meskipun memang SSD terkenal dengan penyimpanan yang cepat, namun berdasarkan pengujian yang dilakukan Toms Hardware, demi keamanan performa dari hardware akan dikorbankan, bahkan dalam kasus SSD tercepat saat ini pun penurunan performa ternyata terjadi cukup signifikan.

Pengujian dan informasi detail mengenai test yang dilakukan Toms Hardware bisa kamu lihat pada halaman berikut. Namun yang pasti nih guys, jika kamu menginginkan kinerja SSD yang maksimal, menonaktifkan BitLocker adalah solusi terbaik yang bisa kamu lakukan, silahkan kamu cek apakah BitLocker aktif pada Drive yang kamu miliki dengan menggunakan perintah berikut pada Command Prompt run as Administrator.

manage-bde.exe -status

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)