Hot : Ternyata Brave Install VPN Services Tanpa Sepengetahuan Pengguna! - Winpoin

 

Hot : Ternyata Brave Install VPN Services Tanpa Sepengetahuan Pengguna!

winpoin.com
October 23, 2023

Baru baru ini ada sebuah laporan menarik seperti yang diungkapkan oleh Ghacks, dimana jika pengguna menginstall Brave Browser sejak pertengahan tahun 2022, pengguna mungkin tidak sadar telah menginstall VPN Services dari Brave di system yang pengguna gunakan.

Seperti pada gambar diatas, kita bisa melihat bahwa ada Brave VPN Services yang terlihat di Windows Services Manager bawaan dari system operasi Windows. Namun beruntungnya kedua Service tersebut tidak mengirimkan data apapun ke Brave setelah diinstall, bahkan keduanya juga tidak akan berjalan tanpa akses manual dari pengguna.

Lalu apa tidak lanjut dari Brave?, setelah mengetahui kabar ini, Brian Clifton yang menjabat sebagai vice president of engineering di Brave membuat postingan di GitHub dimana dia menyatakan bahwa update Brave browser akan sepenuhnya menghapus service registrations, sehingga VPN Services tidak akan terinstall ketika browser diinstall di system.

Nah jadi meskipun memang tidak ada dampak apapun yang menyebabkan kebocoran privacy, namun pengguna mungkin merasa curiga bahwa ada service tambahan yang terinstall dan tidak pengguna butuhkan. Namun jangan khawatir, tampaknya ini memang sepenuhnya kesalahan Brave dan akan diperbaiki dalam update browser mendatang.

Bagaimana menurutmu? Komen dibawah guys.

Via : Ghacks

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin