Dimensity 9300 Bakal Lebih Ngebut dari Snapdragon 8 Gen 3? - detik

 

Dimensity 9300 Bakal Lebih Ngebut dari Snapdragon 8 Gen 3?

By Anggoro Suryo
detikcom
Foto: Ubergizmo
Foto: Ubergizmo
Jakarta-

Mediatek diperkirakan akan merilis chipset flagship terbaru mereka dalam waktu dekat. Dari bocoran yang ada, kabarnya akan lebih kencang dibanding Snapdragon 8 Gen 3.

Sebelumnya Dimensity 9300 disebut akan menggunakan konfigurasi empat core kencang Cortex-X4 dan empat core Cortex-A720, tanpa pemakaian core hemat daya Cortex-A520.

Kini muncul rumor lain yang membeberkan clock speed CPU Dimensity 9300, dan menyebut chipset tersebut akan lebih kencang dari Snapdragon 8 Gen 3 yang kemungkinan akan dirilis Qualcomm dalam waktu dekat, yaitu pada akhir Oktober ini.

Konfigurasi CPU Dimensity 9300 tersebut adalah satu Cortex-X4 dengan kecepatan 3,25GHz, tiga Cortex-X4 dengan kecepatan 2,85GHz, dan empat Cortex-A720 dengan kecepatan 2GHz. Sementara itu GPU-nya adalah Immortalis-G720.

Sementara itu konfigurasi core CPU Snapdragon 8 Gen 3 adalah satu Cortex-X4 3,19GHz, lima Cortex-A720 2,96GHz, dan dua Cortex-A520 2,27GHz, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (16/10/2023).

Jika bocoran ini benar, kombinasi core CPU yang dipakai oleh Snapdragon 8 Gen 3 ini terlihat tak lazim karena hanya menggunakan dua buah core hemat daya. Namun konfigurasi core CPU Dimensity 9300 pun tak kalah unik, karena sama sekali tak menggunakan core hemat daya, yang lazimnya ada empat buah di CPU mobile.

Tentu hal ini membuat dua buah chipset flagship itu menarik untuk ditunggu, terutama dari segi performa dan efisiensi dayanya.

Sebelumnya diberitakan, MediaTek memamerkan kesuksesan pengembangan chip 3nm pertama yang digarap bersama TSMC.

System on a chip (SoC) 3nm dari keluarga Dimensity ini dijadwalkan akan diproduksi massal pada 2024 mendatang, dan diharapkan bakal dipakai di perangkat keluaran pertengahan kedua 2024. Capaian ini menandai tonggak penting kemitraan strategis jangka panjang antara MediaTek dan TSMC.

"Kami berkomitmen terhadap visi kami dalam menggunakan teknologi tercanggih di dunia guna menghasilkan produk-produk mutakhir yang menjadikan kehidupan kita semakin bermakna," kata Joe Chen, President of MediaTek, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Simak Video "Waspada! HP dengan Chipset MediaTek Rentan Pembayaran Palsu "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)