Ini Alasan iPhone 15 Tidak Layak Dibeli, Kalah dari Google Pixel 8 By BeritaSatu

 

Ini Alasan iPhone 15 Tidak Layak Dibeli, Kalah dari Google Pixel 8

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Apple luncurkan iPhone 15 dan iOS 17
Apple luncurkan iPhone 15 dan iOS 17

Jakarta, Beritasatu.com - iPhone merupakan salah satu produk ponsel pintar besutan Apple yang sangat populer di seluruh dunia. Perangkat ini dikenal karena desainnya yang elegan, antarmuka yang mudah digunakan, dan ekosistem Apple yang terintegrasi dengan baik.

Namun, ponsel pintar yang diproduksi Apple tahun ini banyak mengecewakan penggunanya. Pada seri iPhone 15 yang belum lama rilis dianggap minim inovasi, dan memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan seri-seri sebelumnya.

Dibandingkan dengan ponsel pintar flagship milik Google yang juga baru meluncur, seri Pixel 8 lebih banyak menawarkan inovasi baru.

Munculnya Google Pixel 8 menjadikan iPhone 15 ponsel yang disebut-sebut tidak layak dibeli tahun ini. Berikut alasan iPhone 15 tidak layak dibeli, dilansir dari GSM Arena, Rabu (11/10/2023).

Kualitas Tampilan Menurun
Meskipun iPhone 15 mendapatkan potongan Dynamic Island yang diperbarui dan output kecerahan juga dibuat lebih tinggi hingga 2000 nits. Namun, semua aspek tampilannya masih sama dengan seri iPhone sebelumnya yang menggunakan layar Super Retina XDR 0LED 6,1 inci dengan resolusi 1179 x 2556 (461ppi) dan kecepatan refresh rate hanya 60Hz.

Tampilan pada iPhone 15 hanya mengalami sedikit perubahan, dibanding dengan Google Pixel 8 yang sudah menggunakan layar Actua OLED 6,2 inci dengan kecepatan refresh rate 60-120Hz, lebih tinggi dari iPhone 15.

Kesenjangan Prosesor
Berbeda dengan seri iPhone 15 Pro yang sudah menggunakan chipset terbaru Apple, yaitu A17 Pro 3 nm yang menjanjikan kinerja Central Processing Unit (CPU) hingga 100% lebih cepat dan peningkatan 20% di sisi Graphics Processing Unit (GPU).

Sementara itu, iPhone 15 masih menggunakan chipset A16 yang telah digunakan berulang dan tidak ada pembaruan menonjol.

Selain kesenjangan chipset, iPhone 15 juga hanya dilengkapi dengan RAM 6 GB saja, jika dibandingkan dengan Google Pixel 8 yang sudah dilengkapi dengan RAM hingga 8 GB.

Kamera yang Kurang Mumpuni
iPhone 15 mendapat peningkatan pada kamera utamanya yang dilengkapi sensor 48MP, mampu melakukan 10x zoom digital, dan kamera depan 12MP. Kamera yang tersedia di iPhone 15 dinilai sama dengan seri iPhone sebelumnya, bahkan kalah dengan kualitas kamera Google Pixel 8 yang memiliki kamera utama 50MP dengan fokus otomatis.

Tidak Mendukung Fast Charging
iPhone 15 tidak mendukung fast charging atau pengisi daya cepat. Hal ini membuat Apple tertinggal dari Android yang sudah banyak menggunakan fitur fast charging. Kapasitas baterai pada iPhone 15 juga tergolong rendah hanya 3.349 mAh saja.

Kapasitas baterai dan teknologi pengisian daya iPhone 15 jauh tertinggal dengan Google Pixel 8 yang memiliki baterai 4.575 mAh dan mendukung fast charging hingga 27 watt.

Masih Menggunakan Bezel Datar
Desain iPhone 15 masih sama dengan iPhone seri sebelumnya yang menggunakan bezel datar, desain tersebut dinilai kurang nyaman untuk digenggam.

Padahal iPhone lama menerapkan desain lengkung (curved edges) yang lebih nyaman untuk digenggam. Desain lengkung sudah banyak diterapkan di ponsel pintar kelas flagship Android, yang mengutamakan kenyaman pengguna.

Harga Mahal
Sejak awal Apple diperuntukkan untuk kelas menengah atas, yang rela membayar mahal demi kualitasnya yang unggul dan merek yang sudah terkenal. Model terbaru iPhone 15 pun dibandrol dengan harga selangit, tetapi minim inovasi.

Jika iPhone hanya mengandalkan kepopuleran merek, kurang memperhatikan kualitas, dan kenyamanan penggunanya. Hal ini memungkinkan iPhone disalip ponsel pintar berbasis Android, yang dijual dengan harga terjangkau dengan menyajikan banyak pembaruan.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)