Deretan Fitur Android 14 yang Bikin Ponsel Makin Keren By BeritaSatu

 

Deretan Fitur Android 14 yang Bikin Ponsel Makin Keren

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Deretan Fitur Android 14 yang Bikin Tampilan Ponsel Makin Keren
Deretan Fitur Android 14 yang Bikin Tampilan Ponsel Makin Keren

Jakarta, Beritasatu.com - Sistem operasi besutan Google, Android 14, baru saja diluncurkan dan menjanjikan banyak fitur menarik.

Fitur tersebut meliputi peningkatan privasi, keamanan, dan tampilan antarmuka (user interface/UI). Dengan pemutakhiran Android 14, akan membuat perangkat penggunanya menjadi lebih terlindungi dan mudah diakses.

Google juga menambahkan generator wallpaper bertenaga kecerdasan buatan. Sayangnya, fitur tersebut hanya akan tersedia di Google Pixel 8 dan 8 Pro. Berikut deretan fitur Android 14.

Notifikasi Berkedip
Fitur notifikasi berkedip sangat berguna bagi orang-orang yang sedang berada di lingkungan yang ramai dan bising, sehingga tidak bisa mendengar notifikasi.

Fitur ini juga sangat berguna bagi penyandang disabilitas dengan pendengaran yang terbatas. Pengguna bisa memilih warna dan melakukan pratinjau sebelum menerapkannya.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur notifikasi berkedip, buka pengaturan, pilih tampilan lalu mengeklik pemberitahuan flash. Sekarang pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.

Layar Kunci
Pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi terbaru Android ini akan lebih mudah melakukan penyesuaian kunci layar atau lock screen. Pengguna bisa menyesuaikan kunci layar dengan berbagai template dan tema yang telah disediakan.

Selain itu, pengguna juga bisa membuat pintasan di kunci layar, seperti membuka kamera untuk memindai kode QR saat pembayaran, atau menyalakan senter. Pengguna juga dapat membuat wallpaper efek paralaks menggunakan foto pribadi, wallpaper bergaya kartun dengan emoji favorit, bahkan membuat wallpaper AI generatif berdasarkan petunjuk teks.

Peningkatan Daya Baterai
Google telah bekerja keras untuk membuat Android 14 lebih efisien, dengan mengurangi konsumsi daya baterai. Perusahaan melakukan perubahan pada sistem operasi dalam mengelola tugas-tugas yang berjalan di latar belakang, mengatur pengunduhan dan pengunggahan data, serta melakukan penyesuaian kecil lainnya.

Semua ini akan membantu pemilik ponsel Android menghemat lebih banyak daya baterai, sehingga perangkat dapat digunakan lebih lama.

Font Lebih Besar dan Penskalaan Lebih Cerdas
Beralih ke font, Android 14 menawarkan font yang lebih besar daripada di Android 13 yang dibatasi hanya mencapai 130% saja, tetapi Android 14 memungkinkan pengguna bisa menskalakan font hingga 200%.

Untuk mencegah tata letak yang miring, sistem Android 14 menggunakan penskalaan non-linier. Berarti, kata apa pun yang telah diperbesar (seperti judul) tidak akan bertambah besar, sehingga membuat teks lebih mudah dibaca oleh orang-orang dengan gangguan penglihatan.

Dukungan Alat Bantu Dengar yang Lebih Baik
Berita baik untuk mereka yang mengalami masalah pendengaran, Android 14 memiliki peningkatan dalam dukungan alat bantu dengar yang membuatnya lebih mudah digunakan. Dalam versi terbaru ini, Android 14 memisahkan alat bantu dengar dari perangkat Bluetooth lainnya.

Terdapat halaman khusus yang memungkinkan pengguna bisa memilih suara mana yang akan dikirimkan ke alat bantu dengar dan suara mana yang bakal keluar melalui speaker perangkat.

Untuk menjaga kesehatan pendengaran, Android 14 akan memberi peringatan jika pengguna terlalu lama mendengarkan musik dengan volume tinggi melalui notifikasi pop-up.

Keamanan Ditingkatkan
Untuk menghindari serangan malware, Google melakukan pembaruan keamanan di Android 14. Sistem operasi ini sekarang memiliki pembatasan yang tidak memungkinkan instalasi aplikasi lama dari Android 5.1 ke bawah.

Terdapat juga beberapa perubahan keamanan di latar belakang, tetapi salah satu perubahan yang paling mencolok adalah peningkatan dukungan untuk autentikasi menggunakan kunci sandi.

Pengguna bisa menggunakan metode autentikasi biometrik, seperti sidik jari atau pemindaian wajah sebagai pengganti kata sandi pada lebih banyak aplikasi.

Koneksi Kesehatan Terintegrasi
Pada Android 14, Google menyediakan aplikasi Health Connect yang merupakan tempat untuk mengumpulkan semua data kesehatan pengguna dari berbagai aplikasi kebugaran.

Aplikasi ini mendukung data dari merek terkenal seperti Samsung, Fitbit, dan Peloton. Health Connect akan menjadi bagian dari sistem Android yang sudah ada. Pengguna tidak perlu repot-repot menginstalnya sendiri, dan akan melakukan pembaruan secara otomatis.

Find My Device
Fitur Find My Device atau temukan perangkat saya mengalami sedikit perubahan pada tampilan antarmukanya. Pada Android 14, aplikasi ini bisa melacak berbagai perangkat dan merek, mulai dari ponsel pintar, laptop, hingga tablet.

Android 14 juga akan melindungi privasi dan keamanan pengguna dengan memberikan peringatan adanya pelacak atau tag yang tidak dikenali, sekaligus membantu menemukan keberadaan tag pelacak.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin