Tim Cook Meluncur ke Tiongkok karena Penjualan iPhone 15 Anjlok By BeritaSatu

 

Tim Cook Meluncur ke Tiongkok karena Penjualan iPhone 15 Anjlok

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
CEO Apple Tim Cook
CEO Apple Tim Cook

Jakarta, Beritasatu.com - CEO Apple, Tim Cook melakukan kunjungan mendadak ke Tiongkok kurang dari sebulan setelah peluncuran iPhone 15 di negara tersebut.

Dalam kunjungannya itu, Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Ding Duexiang mengatakan kepada Tim Cook bahwa Apple dipersilahkan untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi digital Tiongkok.

Kunjungan Tim Cook terjadi pada saat persaingan sengit antara perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS) dan perusahaan Tiongkok, Huawei, di pasar terbesar ketiga Apple tersebut. Bahkan pemerintah Tiongkok telah melakukan pembatasan penggunaan perangkat asing di lingkungan pemerintah, termasuk penggunaan iPhone.

Dilansir dari Reuters, Jumat (20/10/2023), Ding mengatakan kepada Cook bahwa Tiongkok bersedia memberikan lebih banyak peluang kepada perusahaan asing, termasuk Apple, untuk tumbuh dan berkembang di Tiongkok.

Cook juga menyatakan bahwa Apple yakin dengan prospek pasar Tiongkok dan bersedia untuk memperkuat kerja sama dengan Tiongkok di berbagai sektor, termasuk manufaktur kelas atas dan ekonomi digital.

Di sisi lain, persaingan antara iPhone 15 dan Huawei Mate 60 Pro di Tiongkok saat ini kian memanas. Menurut laporan Counterpoint Research, penjualan model iPhone 15 dalam 17 hari pertama di Tiongkok mengalami penurunan sebesar 4,5% dibandingkan dengan penjualan iPhone 14, meskipun angka spesifiknya tidak disebutkan.

Sementara itu, Huawei Mate 60 Pro berhasil terjual 1,6 juta unit dalam waktu enam minggu. Bahkan lebih dari 400.000 unit terjual dalam dua minggu terakhir bersamaan dengan peluncuran iPhone 15 di Tiongkok.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)