Windows 12 Kapan Rilis..?? - Winpoin

 

Windows 12 Kapan Rilis..??


  • 3 min

Waktu berjalan begitu cepat, tanpa sadar Windows 11 sudah berumur 2 tahun sejak dirilis 5 Oktober 2021 lalu. Sang penerus — Windows 12, sekarang sudah mulai hangat dibicarakan. Berbagai rumor dan bocorannya pun sudah mulai bermunculan satu per satu. Nah salah satu hal yang paling banyak bikin orang penasaran adalah: kapan Windows 12 akan dirilis?

Tanggal Rilis Windows 12

Berbeda dengan macOS yang punya jadwal rilis tetap, rutin muncul versi baru setahun sekali — Windows tidak demikian.

Melihat dari sejarahnya, Microsoft tidak punya jadwal tetap kapan Windows versi lama akan diganti dengan versi barunya. Tapi ada pola bahwa Microsoft akan mempertahankan versi Windows yang sukses lebih lama dari yang lainnya.

Misalnya nih, dari satu versi Windows ke versi lain — rata-rata jaraknya kurang dari 3 tahun. Tapi untuk versi Windows yang benar-benar sukses, bisa jauh lebih lama dari itu.

Windows XP misalnya ke Windows Vista, itu jaraknya 5 tahun. Windows 7 ke Windows 8, tidak kurang dari 3 tahun.Begitu juga dengan Windows 10 ke Windows 11, itu jaraknya bahkan sampai 6 tahun!

Nah bagaimana dengan Windows 11 ke Windows 12?

Kalau melihat dari data statistik terbaru, tidak bisa dipungkiri bahwa Windows 11 memang tidak sesukses Windows 10. Sudah 2 tahun sejak perilisannya, marketshare Windows 11 masih mentok di 23% dan sudah cukup lama stagnan. Sedangkan Windows 10 masih menguasai market dengan 71% marketshare pengguna. Itupun kalo dilihat dari stats, naiknya Windows 11 bukan dari pengguna Windows 10 yang upgrade — melainkan banyak dari pengguna Windows 7. Terlihat bagaimana ketika marketshare Windows 7 turun, marketshare Windows 11 naik. Bahkan, penurunan marketshare Windows 7 pun tidak serta merta semua ke Windows 11 — tapi ada juga yang upgrade ke Windows 10 — terlihat dari grafiknya yang ikut naik.

Market Share Windows OS

Ini artinya Windows 11 mungkin tidak dianggap sebagai versi OS Windows yang sukses seperti Windows XP atau Windows 10. Dan melihat pola perilisan Windows versi sebelumnya, memang untuk versi Windows yang dianggap standar, jarak perilisan dengan versi barunya kurang dari 3 tahun — yang artinya memang saat ini Microsoft sudah mempersiapkan Windows 12 untuk dirilis, dan tidak akan menahannya lebih lama lagi.

Windows 12 Dirilis di 2024

Bos besar Intel, David Zinsner — Intel Chief Financial Officer, beberapa waktu lalu juga mengkonfirmasi bahwa versi Windows baru — yang dia istilahkan sebagai Windows Refresh — akan dirilis di tahun 2024.

Jadi bisa dipastikan, tahun 2024 nanti, akan ada versi Windows baru yang dirilis.

Untuk detail pasti tanggal rilis Windows 12 memang belum ada bocoran sama sekali, tetapi kalau melihat dari sejarah perilisan Windows versi sebelum-sebelumnya — mayoritas versi baru Windows dirilis di bulan Oktober.

Baik itu Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, bahkan Windows 11 sekalipun — semua dirilis di bulan oktober. Hanya Windows 10 yang dirilis di bulan Juli.

Dari analisa ini, ya bukan tidak mungkin jika Windows 12 akan dirilis di bulan Oktober 2024 nanti.

Jejak Kemunculan Windows 12

Selain statement dari Bos Intel tadi, berbagai jejak kemunculan Windows 12 pun sudah bertebaran. Di VMware vSphere 8 misalnya, Windows 12 sudah muncul sebagai salah satu pilihan guest OS disana.

Selain itu Microsoft pernah juga membocorkan konsep desain Windows baru dengan taskbar floating ala macOS di event Microsoft Ignite Keynote.

Fitur Baru Windows 12

Untuk fitur baru, sudah ada cukup banyak bocoran yang beredar. Pertama Windows 12 ini akan menjadi lebih modular, dimana satu fitur bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan kemampuan perangkat yang menjalankannya.

Misalnya, tablet low-end bisa jadi tidak support aplikasi klasik Win32 biar lebih ringan, dikala laptop atau desktop PC yang lebih powerful masih tetap support. CorePC, begitulah nanti akan disebut untuk perangkat-perangkat yang mampu menjalankan fitur-fitur core atau fitur inti dari Windows 12 ini.

Selain itu tampilan tentu juga bakal baru, seperti yang sempat dibocorkan Microsoft sendiri di event Microsoft Ignite Keynote.

AI yang sekarang terus dijejalkan ke Windows 11 melalui fitur Copilot, juga dipastikan bakal semakin tertanam di Windows 12. Bisa dibilang Windows 12 ini akan jadi AI OS dimana AI punya peran besar di banyak fiturnya.

Masih ada banyak bocoran dan rumor fitur baru di Windows 12 ini, yang bakal kita bahas secara terpisah di artikel tersendiri.

Untuk saat ini kita tinggal menanti, kapan Windows 12 Insider Builds mulai dirilis — dan dari situ semua bakal semakin terlihat jelas, seperti apa Windows 12 dan apa saja fitur barunya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)