6 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan untuk Desain Grafis - idntimes

6 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan untuk Desain Grafis

Siapa bilang mendesain harus selalu pakai laptop flagship yang harganya belasan juta itu?Tidak, ya. Kamu dapat memanfaatkan jenis perangkat lain yang memang mendukung untuk aplikasi rancangan digital.

Rekomendasi laptop Rp5 jutaan untuk desain grafis ini contohnya. Deretan laptop ini punya fitur menarik dengan harga terjangkau. Masih oke banget diajak menghasilkan karya virtual yang ciamik. 

Rekomendasi laptop Rp5 jutaan untuk desain grafis

Mengapa desain kerap diidentikkan dengan perangkat mahal? Well, ada multifactor yang jadi dasar jawabannya. Termasuk beban berat yang ditanggung laptop selama mendesain serta instalasi aplikasi yang bisa dibilang bikin laptop 'biasa' bekerja megap-megap

Seorang desain grafis perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli perangkat. Seperti halnya sistem operasi, CPU, RAM, storage, tampilan, hingga keakuratan gambar, melansir Crucial. Dengan budget miring, perangkat berikut dapat kamu masukkan ke list gadget yang kamu beli untuk mendukungmu membuat karya. 

1. Lenovo IdeaPad Flex 5 14

6 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan untuk Desain GrafisLenovo IdeaPad Flex 5 14 (dok. Lenovo)

Posisi pertama diduduki oleh Lenovo IdeaPad Flex 5 14. Perangkat ini merupakan 2in1 device yang bisa kamu jadikan laptop sekaligus tablet. Keunggulan utama perangkat ini adalah baterainya yang tahan lama hingga diklaim dapat bertahan 11 jam produktivitas ringan.

Layarnya berukuran 14 inci dan cukup terang ketika membukanya di luar ruangan. Dengan budget sekitar Rp5 juta, kamu bisa mendapatkan perangkat ini dengan model AMD Ryzen 3 4300U. 

2. ASUS VivoBook Max

6 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan untuk Desain GrafisASUS VivoBook Max (dok. Asus)

Kedua, ada ASUS VivoBook Max yang dibekali kartu grafis Nvidia GeForce. Laptop ini berukuran 14 inci dengan prosesor Intel Core i3-6006U. RAM yang tersemat cukup besar yakni 4GB, sementara penyimpanannya mencapai 1TB. 

Dibanding yang lain, perangkat ini memang cukup dibanderol tinggi. Meski demikian, ASUS VivoBook Max dengan seri X441UV-WX092 menawarkan kemudahan penggunaan. Harga tersebut pun cukup worth karena laptop sudah dilengkapi dengan Windows 10 pre-installed.

3. HP 14 – bw001AX

6 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan untuk Desain GrafisHP 14 – bw001AX (dok. HP)

HP menyediakan alternatif perangkat ber-budget miring yang masih bisa digunakan untuk mendesain. Ada HP 14 – bw001AX yang dibekali prosesor AMD 7th Gen APU A9-9420. Dikombinasikan dengan Radeon TM R5 Graphics yang diklaim memiliki performa mumpuni untuk urusan grafis dan multimedia. 

RAM-nya 4GB yang bisa di-upgrade hingga 8GB. RAM tersebut dipadukan dengan penyimpanan 1TB yang sayangnya masih HDD. Meski demikian, perangkat dengan layar HD ini masih cukup oke jika dibandingkan antara harga dengan kemampuannya. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi iPad untuk Pelajar Terbaru 2023, Canggih!

4. Dell Inspiron 15 3583

6 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan untuk Desain GrafisDell Inspiron 15 3583 (dok. Dell)

Rekomendasi laptop Rp5 jutaan untuk desain grafis berikutnya yakni Dell Inspiron 15 3583. Perangkat ini ditenagai prosesor Intel Celeron 4205U dan Intel UHD Graphics 610 dari segi VGA-nya. Memori penyimpanannya berkapasitas 1 TB dengan RAM 4GB yang bisa di-upgrade.

Layarnya menampilkan kualitas HD dengan ukuran layar terbilang luas hingga 15,6 inci. Mengingat perangkat ini bukan keluaran terbaru, Dell Inspiron 15 3583 masih didukung oleh Windows 10 Home. 

5. Acer Aspire 341S

6 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan untuk Desain GrafisAcer Aspire 341S (dok. Acer)

Acer jadi brand laptop yang tidak bisa dilupakan ketika mencari perangkat dengan harga terjangkau. Seri Acer Aspire 341S memiliki banyak keunggulan, mulai dari prosesor tangguh hingga kelebihan layar dan kartu grafisnya. Mengingat perangkat ini di-built untuk gaming, maka masih oke untuk diajak editing

Dengan harga kisaran 5 jutaan, kamu sudah mendapat perangkat dengan Core i3. Tersemat juga NVIDIA Geforce. Kombinasi keduanya diklaim dapat mengoptimasi hingga 20 persen kinerja software berat. 

6. Lenovo IdeaPad 320 Core i3

6 Rekomendasi Laptop Rp5 Jutaan untuk Desain GrafisLenovo IdeaPad 320 Core i3 (dok. Lenovo)

Lenovo memang melengkapi produknya dengan berbagai pilihan. Selain opsi pertama, ada Lenovo IdeaPad 320 CORE i3 yang mendukung untuk penggunaan desain. Dapur pacunya Intel Core i3 6006U-dual core 2GHz dengan kapasitas RAM standar 4GB upgradable hingga 16GB. 

Dari segi grafis, tersemat VGA nVidia GT920MX-2GB. Di sisi layar, perangkat ini berukuran 14 inci dengan kualitas tampilan HD LED Anti-Glare. Sudah ada Windows 10 Home yang siap kamu gunakan pada setiap pembelian perangkat.

Bisa dibilang, rekomendasi laptop Rp5 jutaan untuk desain grafis cukup terbatas. Kinerjanya pun mungkin tidak begitu maksimal dibanding kelas lebih tinggi, tetapi sudah cukup jika digunakan oleh pemula. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laptop Intel Core i5 Termurah dan Terbaru 2023

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)