Mozilla Resmi Rilis Browser Firefox 118, Mudahkan Pengguna dengan Fitur Terjemahan Lokal - Jawa Pos

Mozilla Resmi Rilis Browser Firefox 118, Mudahkan Pengguna dengan Fitur Terjemahan Lokal

Selasa, 10 Oktober 2023 | 15:33 WIB
Ilustrasi: Firefox 118 sekarang punya fitur terjemahan lokal. (9to5Linux).
Ilustrasi: Firefox 118 sekarang punya fitur terjemahan lokal. (9to5Linux).
JawaPos.com - Peramban atau browser Mozilla Firefox 118 telah dirilis. Versi terbaru browser tersebut sekarang memperkenalkan fitur anyar yang memungkinkan pengguna melakukan terjemahan lokal konten web. 
 
Fitur ini berbeda dari alternatif berbasis cloud, karena terjemahan dilakukan secara lokal di Firefox. Dilansir dari Gizchina, hal ini diharapkan bisa membantu melindungi privasi pengguna. Fitur baru ini dapat menerjemahkan halaman web dari satu bahasa ke bahasa lain. 
 
Fitur terjemahan lokal adalah bagian dari Project Bergamot. Ini adalah konsorsium yang dibentuk untuk membangun seperangkat alat terjemahan neural engine yang memungkinkan Mozilla mengembangkan situs web. 
 
 
Tujuan akhir dari proyek ini adalah membuat internet lebih mudah diakses oleh orang-orang yang tidak bisa berbahasa Inggris. Hal ini juga didukung oleh fakta bahwa akses ke internet saat ini sudah bisa dilakukan dimana saja oleh siapa saja, termasuk mereka yang tidak mahir berbahasa Inggris.
 
Firefox telah memiliki fitur terjemahan satu halaman penuh bawaan untuk beberapa waktu sekarang. Fitur ini memungkinkan pengguna menjelajahi web dengan lancar dalam bahasa pilihan mereka. Namun, fitur terjemahan lokal baru mengambil langkah lebih jauh dengan memungkinkan pengguna menerjemahkan bagian tertentu dari halaman web.
 
 
Cara Menggunakan Fitur Terjemahan Lokal
 
 
Untuk menggunakan fitur terjemahan lokal di Firefox 118 juga sangat mudah. Pertama, klik kanan pada halaman web yang ingin diterjemahkan lalu klik “Terjemahkan Halaman” di menu konteks.
 
Kalau sudah, pilih bahasa tujuan terjemahan halaman tersebut. Firefox dapat menerjemahkan konten web lebih dari 100 bahasa ke bahasa pilihan pengguna. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses konten yang tidak ditulis dalam bahasa Inggris.
 
 
Akhirnya, dengan Firefox 118 memperkenalkan fitur terjemahan lokal baru yang memungkinkan pengguna menerjemahkan konten web tanpa perlu meninggalkan browser mereka. Fitur ini merupakan bagian dari Project Bergamot yang bertujuan membuat Internet lebih mudah diakses oleh orang-orang yang tidak bisa berbahasa Inggris.
 
Fitur terjemahan lokal berbeda dengan alternatif cloud. Ini karena terjemahan dilakukan secara lokal di Firefox. Seperti sudah disinggung di atas, ini juga membantu melindungi privasi pengguna.
 
Dengan fitur baru ini, Firefox terus membuat penjelajahan web menjadi lebih mudah dan mudah diakses oleh semua orang.

Tags

Terkini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin