Sam Altman Kembali Jadi CEO OpenAI, Dipecat Hanya 5 Hari - detikInet

Sam Altman Kembali Jadi CEO OpenAI, Dipecat Hanya 5 Hari

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 22 Nov 2023 15:15 WIB
Sam Altman
Sam Altman Kembali Jadi CEO OpenAI Foto: Getty Images
Jakarta-

Sam Altman akhirnya kembali menjadi CEO OpenAI, hanya lima hari setelah ia didepak dari posisinya oleh direksi OpenAI. Mantan Presiden OpenAI Greg Brockman, yang mengundurkan diri sebagai bentuk protes, juga akan kembali ke perusahaan pencipta ChatGPT itu.

Dalam keterangan resminya, OpenAI mengatakan telah mencapai kesepakatan prinsip agar Altman kembali sebagai CEO. Selain itu OpenAI juga memiliki direksi baru yang terdiri dari mantan CEO Salesforce Bret Taylor, mantan Menteri Keuangan Amerika Serikat Larry Summers, dan CEO Quora Adam D'Angelo.

D'Angelo merupakan anggota dewan direksi sebelumnya yang memecat Altman pada Jumat (17/11) lalu. Ia tetap bertahan di direksi baru sebagai perwakilan dari direksi sebelumnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sumber yang familiar dengan isu ini mengatakan tugas utama direksi awal ini adalah menunjuk anggota baru untuk direksi yang akan diisi oleh sembilan orang. Kabarnya perwakilan dari Microsoft dan Altman akan mendapatkan kursi di direksi baru ini.

"Saya mencintai OpenAI, dan semua yang saya lakukan dalam beberapa hari terakhir adalah demi menjaga kesatuan tim dan misinya," kata Altman dalam cuitannya di X, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (22/11/2023).

"Ketika saya memutuskan bergabung dengan Microsoft pada Minggu malam, sudah jelas itu merupakan jalan terbaik bagi saya dan tim. Dengan direksi baru dan dengan dukungan Satya, saya menantikan kembali ke OpenAI dan membangun kemitraan yang kuat dengan Microsoft," sambungnya.

CEO Microsoft Satya Nadella, yang sempat mengajak Altman dan Brockman untuk bergabung ke Microsoft, menyambut baik perubahan direksi yang diumumkan oleh OpenAI.

"Kami meyakini ini merupakan langkah penting pertama menuju tata kelola yang lebih stabil, terinformasi, dan efektif. Sam, Greg, dan saya telah berdiskusi dan setuju bahwa mereka memiliki peran penting bersama tim kepemimpinan OAI dalam memastikan OAI terus berkembang dan membangun misinya," tulis Nadella dalam postingannya di X.

Sepanjang drama yang penuh plot twist ini, anggota direksi OpenAI yang sebelumnya masih belum memberi penjelasan tentang mengapa mereka memecat Altman. Sebagian besar karyawan OpenAI juga meminta direksi untuk mundur, atau mereka yang akan mengundurkan diri dan bergabung ke Microsoft mengikuti Altman.

Emmett Shear, yang ditunjuk sebagai CEO sementara OpenAI oleh direksi, bahkan mengancam akan mundur kecuali direksi bisa memberikan dokumentasi atau bukti untuk membenarkan pemecatan Altman.



Simak Video "Ratusan Karyawan OpenAI Ancam Resign Massal Buntut Pemecatan Sam Altman"

(vmp/vmp)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin