Ada Karyawannya Disandera Hamas, Nvidia Sumbang Rp 232 M ke Israel - detik

 

Ada Karyawannya Disandera Hamas, Nvidia Sumbang Rp 232 M ke Israel

By Ignacio Goerdi Oswaldo
finance.detik.com
Foto:
Foto:
Jakarta -

Raksasa chip Nvidia telah menyumbangkan US$ 15 juta atau Rp 232,5 miliar (kurs Rp 15.500/dolar AS) ke berbagai organisasi kemanusiaan yang memberikan dukungan kepada warga sipil Israel yang terimbas perang melawan Hamas.

Melansir dari Reuters, Selasa (26/12/2023), dana bantuan tersebut berasal dari sumbangan ribuan karyawan Nvidia di 30 negara sebesar US$ 5 juta atau Rp 77,5 miliar. Sedangkan US$ 10 juta atau Rp 155 miliar sisanya berasal dari program bantuan Nvidia untuk warga Israel.

Perlu diketahui, sumbangan ratusan miliar rupiah untuk warga Israel ini diberikan Nvidia usai salah seorang karyawannya bernama Avinatan Or ditangkap pasukan Hamas dan dijadikan sandera.

Dilaporkan Avinatan yang sudah bekerja di Nvidia sejak April 2022 lalu ditangkap oleh kelompok Hamas saat menikmati konser di festival musik Nova pada 7 Oktober 2023 lalu. Saat itu ia sedang bersama pacarnya yang bernama Noa Argamani dan sekitar 240 orang lainnya, beberapa di antaranya telah dibebaskan.

"Kami bangga melihat dukungan luas dari keluarga Nvidia di Israel dan seluruh dunia, dan berterima kasih atas doa dan harapan mereka untuk kembalinya rekan kami Avinatan Or, dan sandera lainnya dari penawanan Hamas," kata Wakil Penasihat Umum Nvidia, Gideon Rosenberg.

Dikatakan sumbangan ini akan diberikan melalui berbagai organisasi kemanusiaan Israel ataupun asing termasuk Asor Fund (JGive), American Friends of Magen David Adom, Doctors Without Borders, Friends of United Hatzalah, IsraAID (US) Global Humanitarian Assistance, Jewish Agency for Israel, World Central Kitchen and Zaka.

Di luar itu Nvidia juga mengaku telah memberikan sumbangan berupa ratusan komputer kepada keluarga yang dievakuasi dari utara dan selatan Israel, dan menyediakan ribuan makanan gratis untuk para pengungsi dari kafetaria kantor Nvidia di Yokneam.


(das/das)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)