Dukungan AVIF Akhirnya Dirilis di Microsoft Edge 121 Beta - Winpoin

 

Dukungan AVIF Akhirnya Dirilis di Microsoft Edge 121 Beta


  • Posted by
  • 1 min

Awal tahun ini Microsoft memperkenalkan dukungan AVIF di Microsoft Edge, namun saat itu dukungan ini masih belum sempurna dan masih memerlukan lebih banyak pengembangan, sementara itu, saingan Microsoft yaitu Google sudah mendukung AVIF pada tahun 2020 dengan versi Google Chrome 85, dan bahkan Firefox menghadirkan dukungan yang sama pada Firefox 93.

Nah mengenai Microsoft Edge, baru baru ini Microsoft telah merilis Microsoft Edge Beta 121 dimana dengan versi ini Microsoft secara resmi telah menghadirkan dukungan AVIF.

Bagi yang belum tahu, format gambar AVIF ini dikembangkan oleh Alliance of Open Media, dimana spesifikasi awalnya diumumkan pada 19 Februari 2019.

Selain itu AVIF menggunakan codec AV1 dan container HEIF untuk memberikan efisiensi kompresi dan kualitas gambar yang lebih baik, dimana dengan itu gambar AVIF membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan dan menampilkan lebih banyak detail. Sementara itu dukungan AVIF ini sendiri telah dihadirkan Microsoft untuk OS mereka sejak Windows 10 versi 1903.

Sebagian besar website saat ini telah menerapkan format gambar ini, termasuk WinPoin dalam beberapa artikel sering kali menggunakan format ini karena ukurannya yang lebih kecil dengan kualitas yang baik.

Nah dengan dukungan AVIF di Microsoft edge, nantinya browser akan dapat menampilkan format gambar tersebut secara langsung, untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung saja mengunjungi halaman berikut untuk menguji apakah browser kamu sudah mendukung AVIF atau tidak.

Lalu kapan Microsoft Edge 121 dirilis ke rilis Stabil?, jika kita lihat dari jadwal perilisannya, versi ini akan dirilis ke channel stable pada 25 Januari 2024, yang tentu dengan versi ini akhirnya Microsoft Edge memiliki dukungan AVIF dan mampu bersaing dengan Chrome, Safari, Firefox dan browser lainnya.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)