SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

Hapus Jejak Pernah Mampir di Lokasi Tertentu di Google Maps - CNBC Indonesia

 Hapus Jejak Pernah Mampir di Lokasi Tertentu di Google Maps

www.cnbcindonesia.com

Hapus Jejak Pernah Mampir di Lokasi Tertentu di Google Maps

Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
Tech
Senin, 18/12/2023 10:50 WIB
Foto: Lahan Kosong di Jakarta (Tangkapan layar via Google Maps)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika tak ingin ketahuan pernah mampir ke suatu lokasi di Google Maps, Anda bisa mencoba cara ini untuk menghapusnya.

Google Maps baru-baru ini merilis fitur data pribadi baru. Pengguna aplikasi peta digital tersebut kini bisa menghapus riwayat mereka di lokasi-lokasi tertentu.

Perusahaan menyatakan pengguna Google Maps dalam waktu dekat bisa melihat aktivitas mereka di lokasi tertentu dengan mudah. Kemudian, mereka bisa menghapus riwayat pencarian, panduan arah, kunjungan, dan berbagi di lokasi tersebut.


Contohnya, Google Maps digunakan untuk memandu arah ke sebuah restoran. Dalam waktu dekat, pengguna bisa melihat semua aktivitas mereka terkait restoran itu yang direkam oleh Google Maps dan menghapus semuanya.

Selain itu, pengguna Google Maps dalam waktu dekat bisa mengakses kontrol lokasi hanya dengan menyentuh bulatan biru yang menandai lokasi mereka.

Setelah bulatan biru di-klik, pengguna bisa melihat setelan Riwayat Lokasi (Location History) atau Linimasa (Timeline), fitur yang merekam lokasi yang pernah dikunjungi, menyala atau tidak. Selain itu, pengguna bisa tahu apakah Google Maps memiliki akses lokasi perangkat.

Fitur untuk menghapus aktivitas terkait lokasi tertentu di Google Maps dan kontrol di lingkaran biru mulai digulirkan ke HP Android dan iPhone dalam beberapa pekan terakhir.

Google Maps juga mengumumkan, jika fitur Location History menyala, Timeline akan langsung tersimpan di perangkat.

"Seperti sebelumnya, Anda bisa menghapus semua atau sebagian informasi kapan saja atau mematikan total. Jika Anda menggunakan HP baru atau takut kehilangan HP yang digunakan sekarang, Anda bisa memilih untuk melakukan back up di cloud sehingga data tidak hilang. Data terenkripsi sehingga tidak ada yang bisa membacanya kecuali Anda, termasuk Google," kata Marlo McGriff, Director of Product Google Maps dalam blog Google.

Selain itu, Google menyatakan, jika Location History dinyalakan, setelah bawaannya adalah menghapus data setiap tiga bulan. Sebelumnya, setelan bawaan Google Maps adalah menghapus data setiap 18 bulan.

Perubahan ini akan diluncurkan secara bertahap sepanjang tahun depan, baik di HP Android maupun iPhone. Pengguna akan menerima notifikasi jika akun Google Maps mereka menerima update.


(dem)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin