Sejarah dan Perjalanan Terbentuknya Wikipedia yang Ternyata Penuh Kontroversi - Beritasatu

Sejarah dan Perjalanan Terbentuknya Wikipedia yang Ternyata Penuh Kontroversi


Selasa, 26 Desember 2023 | 14:10 WIB
Penulis: Jenni Rosmi Aryanti | Editor: TCE
Ilustrasi foto Wikipedia.
Ilustrasi foto Wikipedia. (Dok Wikipedia/Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Wikipedia merupakan sebuah situs web alternatif untuk menyebarkan ilmu pengetahuan secara bebas dan terbuka. Berawal sebuah proyek dari Nupedia, Wikipedia menjadi rujukan bagi pengguna internet tentang berbagai hal.

ADVERTISEMENT

Sejak didirikan pada 15 Januari 2001, situs ini telah berkembang menjadi situs web referensi terbesar di dunia, menarik lebih dari 1 miliar pengunjung setiap bulannya.

BERITASATU WA CHANNEL

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Wikipedia saat ini memiliki lebih dari 62 juta artikel dari 300 bahasa, termasuk 6.759.180 artikel dalam bahasa Inggris, dengan 121.338 kontributor aktif dalam sebulan terakhir.

Berikut ini sejarah Wikipedia, yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa (26/12/2023).

ADVERTISEMENT

Sejarah dan Perkembangan Wikipedia
Awalnya, Wikipedia hanya bernama wiki yang dirancang pada 1995 sebagai platform untuk menyempurnakan Nupedia. Nupedia sudah menjadi ensiklopedia online gratis yang didirikan Jimmy Wales pada Maret 2000 dan Larry Sanger sebagai pemimpin redaksi.

Nupedia menerapkan konsep menggunakan relawan berkualifikasi tinggi untuk berkontribusi pada platform tersebut. Sayangnya, cara ini memakan waktu lama, hanya 12 artikel yang diselesaikan pada tahun pertama.

Kemudian, Jimmy Wales dan Larry Sanger menggunakan wiki untuk membantu Nupedia. Wiki pada dasarnya adalah sebuah hypertext yang diedit dan dikelola bersama dari browser web. Artinya, dengan menggunakan wiki, akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak kontributor sehingga membuat konten lebih cepat.

Pendiri Wikipedia Jimmy Wales. - (Wikimedia Commons/Istimewa)
Pendiri Wikipedia Jimmy Wales. - (Wikimedia Commons/Istimewa)

Wales dan Sanger mendaftarkan nama domain Wikipedia pada 13 Januari 2001. Dua hari kemudian, situs web tersebut diluncurkan saat pengeditan pertama dibuat, dan terus dikembangkan sejak saat itu.

Namun, sebelum Wikipedia diluncurkan, terdapat ensiklopedia online lain yang dapat disumbangkan oleh siapa pun. Pada 1993, Rick Gates menciptakan konsep Interpedia yang ia usulkan kepada kantor berita Usenet. Kemudian, Wales dan Gates berkolaborasi dan Interpedia dikenal sebagai cikal bakal Wikipedia.

Dalam sebuah wawancara pada 2008, Wales menyatakan artikel pertama yang diterbitkan pada pertengahan 1990-an di Wikipedia ditulis oleh dirinya sendiri. Artikelnya sederhana dan sebagai bahan uji coba berjudul Hello, world!.

Namun pada 17 Januari 2001, anggota Nupedia didorong untuk menyunting dan saat itulah Wikipedia melonggarkan peraturannya tentang siapa yang boleh berkontribusi dan menyunting artikel.

Wikipedia memperoleh artikel ke-1000 pada 12 Februari 2001, kurang dari sebulan setelah membeli domain tersebut. Pada akhir 2001, Wikipedia mencapai 20.000 artikel dengan rata-rata 1.500 artikel ditulis setiap bulannya.

Wikipedia terbukti lebih populer dan sukses dibandingkan Nupedia. Wikipedia ditulis dalam bahasa Inggris, dengan sebagian besar penulis menggunakan bahasa pertama bahasa Inggris.

BACA JUGA

Bahasa pertama yang ditambahkan ke Wikipedia adalah bahasa Jerman dan tersedia dalam 285 bahasa pada 2020. Dengan begitu, pengguna bisa membuat artikel dalam bahasa utama mereka. Artinya Wikipedia di berbagai negara memiliki artikel berbeda.

Berdasarkan jumlah artikel, artikel berbahasa Inggris memperoleh peringkat teratas atau terpopuler dan diikuti oleh bahasa Jerman, Prancis, Belanda, dan Italia.

Pada Januari 2002, sebesar 90% artikel di Wikipedia ditulis dalam bahasa Inggris, tetapi pada 2004, jumlahnya turun menjadi 50%. Pada 2020, artikel Wikipedia dengan persentase terkecil ada di Kanuri dengan hanya satu artikel.

Pendiri Wikipedia Larry Sanger. - (Wikimedia Commons/Istimewa)
Pendiri Wikipedia Larry Sanger. - (Wikimedia Commons/Istimewa)

Wales mendirikan badan amal nirlaba bernama Wikimedia Foundation pada 2003. Fokus dari badan amal ini adalah untuk menciptakan platform dan cara bekerja secara online dengan para pendidik dan didirikan untuk mendanai Wikipedia.

Keyakinan utama Wales adalah semua pengetahuan harus dibagikan secara gratis dan setiap orang berhak mengakses informasi. Meskipun Wikimedia Foundation adalah badan amal nirlaba, mereka menghasilkan sekitar US$ 109,9 juta atau setara Rp 1,6 triliun setiap tahun untuk mendanai proyek.

Setelah popularitasnya meningkat dan mendorong tampilan web, Wikipedia menjadi platform utama yang memiliki lebih dari 6 miliar pengunjung setiap bulannya.

Prinsip dan Prosedur Wikipedia
Model produksi sumber terbuka Wikipedia adalah contoh dari Web 2.0, yang menciptakan lingkungan perangkat lunak sosial menghubungkan pengguna dalam kehidupan sehari-hari dan dunia maya dengan cara yang setara.

Komunitas Wikipedia didasarkan pada sejumlah prinsip standar yang terbatas. Salah satu prinsip penting adalah netralitas, sedangkan yang lainnya adalah keyakinan kontributor berpartisipasi dengan sukarela.

Pembaca dapat mengoreksi apa yang mereka anggap sebagai kesalahan dan perselisihan mengenai fakta dan kemungkinan bias dilakukan melalui diskusi kontributor. Tiga prinsip panduan lainnya adalah menjaga parameter ensiklopedia tetap sesuai, menghormati undang-undang hak cipta, dan mempertimbangkan aturan lain agar fleksibel.

BACA JUGA

Prinsip terakhir memperkuat keyakinan proyek proses sumber terbuka akan menjadikan Wikipedia produk terbaik yang tersedia, mengingat komunitas penggunanya.

Salah satu dampak dari proses ini adalah ensiklopedia tersebut berisi sejumlah halaman yang dapat diakses publik, tetapi belum tentu dapat diklasifikasikan sebagai artikel. Hal ini termasuk stub (artikel sangat pendek yang dimaksudkan untuk diperluas) dan halaman pembicaraan yang berisi diskusi antar kontributor.

Kebijakan utama yang mengundang pembaca untuk berperan sebagai penulis atau editor menciptakan potensi permasalahan. Tidak semua pengguna berhati-hati dalam memberikan informasi yang akurat dan Wikipedia juga harus berurusan dengan individu yang dengan sengaja merusak artikel tertentu, memposting pernyataan yang keliru, atau menambahkan materi yang tidak senonoh.

Metode Wikipedia mengandalkan penggunanya untuk memantau dan membersihkan artikel-artikelnya. Kontributor tepercaya juga dapat menerima hak istimewa administrator yang menyediakan akses ke serangkaian perangkat lunak untuk memperbaiki grafiti web dan masalah serius lainnya dengan cepat.

Isu dan Kontroversi Wikipedia
Ketergantungan pada kebijakan mandiri masyarakat telah menimbulkan beberapa masalah. Pada 2005, jurnalis Amerika John L Seigenthaler menemukan biografinya di Wikipedia secara keliru mengidentifikasi dia sebagai konspirator potensial dalam pembunuhan John F Kennedy dan Robert F Kennedy.

Klaim jahat ini lolos dari kebijakan komunitas Wikipedia dalam 132 hari. Penulis informasi ini tidak dapat dengan mudah diidentifikasi, karena yang diketahui tentang kontributor yang tidak terdaftar hanyalah alamat IP, atau protokol internet komputer mereka.

Kasus Seigenthaler mendorong Wikipedia untuk melarang pengguna yang tidak terdaftar mengedit artikel tertentu. Contoh vandalisme serupa kemudian membuat administrator situs merumuskan sebuah prosedur.

Meskipun ada protes dari beberapa kontributor, yang menyatakan beberapa suntingan akan ditinjau oleh editor berpengalaman sebelum perubahan tersebut dapat dipublikasikan secara online.

Tidak hanya itu, Wikipedia pernah mengubah jejak sejarah mengenai Partai Komunis Indonesia (PKI) yang menyebutkan mereka sebagai korban. Masih banyak lagi artikel Wikipedia yang menuai kontroversi di berbagai negara.

Perdebatan tentang kegunaan Wikipedia menjamur terutama di kalangan cendekiawan dan pendidik yang memperhatikan keakuratan bahan referensi. Banyak di antara pendidik yang melarang siswa menggunakan Wikipedia sebagai alat penelitian.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)