TikTok dan Goto Resmi Kerja Sama, Begini Kombinasi Layanan di Tokopedia - Tempo

TikTok dan Goto Resmi Kerja Sama, Begini Kombinasi Layanan di Tokopedia

Agung Sedayu

Senin, 11 Desember 2023 09:53 WIB

TEMPO.COJakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GOTO resmi bekerja sama dengan TikTok. Ekosistem digital terbesar Indonesia itu hari ini mengumumkan kemitraan strategis kedua perusahaan. GoTo mengatakan kerja sama tersebut untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

"Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia," kata GoTo dalam keterangan tertulis pada Senin, 11 Desember 2023.

GoTo menjelaskan, TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Perusahaan pun mengungkapkan bahwa TikTok akan berinvestasi ke GoTo sebesar lebih dari US$1,5 miliar. Menurut GoTo, suntikan dana tersebut merupakan komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Melalui kesepakatan ini, perseroan menilai TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Menurut GoTo, pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo.

Advertising
Advertising

Hal tersebut lantaran TikTok akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Adapun kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). GoTo mengatakan kampanye tersebut merupakan inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Kampanye Beli Lokal akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok untuk mempromosikan berbagai jenis merchant. GoTo memastikan fokus utama dalam program ini adalah produk asal Indonesia. "Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka," ujar perseroan.

Berita terkaitL

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin