Transjakarta Akan Tambah 26 Unit Bus Listrik di Akhir Tahun Ini - Beritasatu

 

Transjakarta Akan Tambah 26 Unit Bus Listrik di Akhir Tahun Ini

Sabtu, 16 Desember 2023 | 22:20 WIB
Penulis: Alfida Rizky Febrianna | Editor: CAH
Ilustrasi Transjakarta.
Ilustrasi Transjakarta. (BeritaSatu Photo/Ruht Semiono)

Jakarta, Beritasatu.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) siap mengoperasikan 100 unit bus listrik sepanjang 2023. Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza berujar, hingga kini pihaknya sudah mengoperasikan 74 unit bus listrik dan akan menambah 26 unit lainnya sebelum akhir tahun.

ADVERTISEMENT

"Tahun ini, kami (Transjakarta) sampai dengan hari ini, sudah beroperasi 74 unit (bus listrik) dan targetnya sampai dengan akhir tahun 100 unit. Jadi masih ada 26 unit, ini sudah ready, tinggal menunggu waktu untuk peluncuran," ungkap Welfizon, saat ditemui di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

BACA JUGA

Welfizon mengungkapkan, 26 bus listrik tambahan tersebut akan segera diluncurkan dalam dua pekan ke depan atau pekan terakhir di 2023. "Sehingga menggenapi 100 unit di akhir tahun ini," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, Welfizon menyampaikan, penambahan bus listrik ini sejalan dengan komitmen Transjakarta dalam mengatasi  kemacetan, menyambut era elektrifikasi transportasi publik masa depan dan mengurasi emisi dan polusi di ibu kota.

"Ya betul, jadi dalam kerangka bersih, berdaya dan lestari. Di pilar bersih terkait dengan aspek lingkungan ini, ada tiga strategi kita. Pertama, Transjakarta hadir sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan dan polusi, karena setiap orang yang berpindah dari kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum naik transjakarta mereka akan mengurangi emisinya," jelasnya.

BACA JUGA

Welfizon lalu membeberkan, berdasarkan catatan perseroan, pengguna Transjakarta saat ini sudah mencapai 1,1 juta pelanggan per hari. 

Dia berharap, angka tersebut terus bertambah seiring dengan penambahan bus listrik, sehingga dapat memindahkan sebanyak-banyaknya pengguna kendaraan pribadi menjadi transportasi umum.

"Kedua, strateginya adalah meskipun Transjakarta sudah jadi solusi polusi, tetapi kami juga melakukan ekstra mind. Langkah-langkah itu untuk melakukan elektrifikasi armada, dengan menggunakan bus listrik. Hari ini progresnya sampai dengan 2023 ini nanti kami akan jalankan 100 unit sesuai dengan yang ditargetkan," paparnya.

Baca Juga

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)