30 mesin pencari keamanan siber terbaik untuk tahun 2024 - tek id

7 Alasan Mengapa Harus Beralih dari Chrome ke Microsoft Edge - idtimes

 

7 Alasan Mengapa Harus Beralih dari Chrome ke Microsoft Edge

Google Chrome sejauh ini masih menjadi salah satu browser terpopuler yang tidak hanya banyak digunakan di Windows saja, tapi juga Android dan iOS. Namun sejak 2015 silam, Microsoft menawarkan Microsoft Edge sebagai browser bawaan Windows, menggantikan Internet Explorer yang telah usang. Di awal sempat diremehkan, Edge perlahan mulai tumbuh menjadi browser yang bisa diandalkan dan berikut 7 alasan mengapa kamu harus beralih dari Chrome ke Edge.

1. Tab vertikal

7 Alasan Mengapa Harus Beralih dari Chrome ke Microsoft Edge
Tab vertikal di Microsoft Edge (dok. Microsoft)

Pertama kali diumumkan pada tahun 2021 kemarin, tab vertikal di Microsoft Edge menjadi salah satu fitur terbaik sejauh ini. Sesuai namanya, fitur ini membuat tab menjadi disusun secara vertikal alih-alih horizontal seperti biasanya. Tab vertikal lebih disukai oleh banyak orang untuk banyak alasan, salah satunya adalah memungkinkanmu untuk meninjau lebih banyak tab. Untuk mengaktifkan tab vertikal, kamu hanya perlu menekan Ctrl + Shift + Plus secara bersamaan.

2. Collections

7 Alasan Mengapa Harus Beralih dari Chrome ke Microsoft Edge
Collections di Microsoft Edge (dok. Microsof)

Selanjutnya adalah fitur Collections yang menawarkan cara lebih mudah untuk mengakses dan menyimpan apapun yang penting ketika browsing di Microsoft Edge. Lewat Collections, kamu bisa mengumpulkan berbagai situs kedalam satu kategori dan bahkan menyimpan teks dari situs tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan catatan singkat kedalam Collections. Kamu bisa mengakses Collections dengan cepat hanya dengan menekan Ctrl + Shift + Y.

3. Immersive Reader

7 Alasan Mengapa Harus Beralih dari Chrome ke Microsoft Edge
Immersive Reader di Microsoft Edge (dok. Microsoft)

Immersive Reader merupakan salah satu fitur terbaik Microsoft Edge yang menyederhanakan tampilan halaman dari sebuah situs, menghilangkan pop-up dan elemen mengganggu lainnya agar lebih enak ketika dibaca. Awalnya dirancang untuk pengguna yang menderita disleksia dan disgrafia, Immersive Reader bisa diaktifkan dengan menekan tombol F9. Dari situ, kamu bisa merubah beberapa elemen seperti ukuran teks, font dan tema halaman.

4. Web Capture

Lanjutkan membaca artikel di bawah
Web Capture di Microsoft Edge (dok. Microsoft)

Web Capture menawarkan cara mudah untuk screenshot informasi dari halaman sebuah situs tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau extension. Fitur ini menawarkan dua opsi screenshot yaitu sebagian atau satu halaman penuh. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan menekan Ctrl + Shift + S. Selain screenshot teks atau gambar, kamu juga bisa mengedit screenshot tersebut dengan alat yang telah disediakan.

5. Pembaca PDF

7 Alasan Mengapa Harus Beralih dari Chrome ke Microsoft Edge
pembaca PDF di Microsoft Edge (dok. Microsoft)

Salah satu alasan mengapa kamu harus menggunakan Microsoft Edge adalah karena browser ini punya fitur pembaca PDF bawaan. Selain melihat dokumen PDF, fitur ini juga memungkinkanmu untuk melakukan pengeditan seperti menambahkan teks, menggambar ilustrasi hingga memberi highlight pada kalimat. Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus mengganti PDF reader default di Windows 10 atau 11 ke Microsoft Edge.

6. Browser Essentials

7 Alasan Mengapa Harus Beralih dari Chrome ke Microsoft Edge
Browser Essentials di Microsoft Edge (dok. Microsoft)

Microsoft Edge dikenal karena punya fitur privasi yang bagus seperti proteksi terhadap tracking dan mode keamanan yang ketat. Untuk menyempurnakan itu, Edge juga menawarkan fitur lain bernama Browser Essentials yang memberi gambaran umum tentang semua situs yang telah dipindai dan potensi resiko yang terdeteksi. Selain itu, kamu juga bisa melihat penggunaan RAM di tab Performance dan mengaktifkan mode efisiensi agar Edge tidak berat.

7. Copilot

7 Alasan Mengapa Harus Beralih dari Chrome ke Microsoft Edge
Copilot di Microsoft Edge (dok. Microsoft)

Terakhir adalah alasan terbesar mengapa kamu harus segera beralih dari Google Chrome ke Microsoft Edge. Setelah membawa kemampuan AI lewat Copilot di Bing, Microsoft kini menawarkan fitur serupa kedalam Edge. Copilot di Edge bisa langsung diakses dengan klik logo Copilot di pojok kanan atas. Seperti halnya di Bing, Copilot di Edge juga bisa diajak berbincang-bincang (dengan tiga pilihan gaya pembicaraan) hingga disuruh membuat tulisan.

Demikian tadi ulasan mengenai alasan mengapa harus beralih dari Google Chrome ke Microsoft Edge. Tertarik untuk pindah dari Chrome ke Edge setelah membaca ulasan di atas?

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin