8 Aplikasi GPS Terbaik, Lengkap dengan Segala Fitur yang Mumpuni - URban DIgital

 

8 Aplikasi GPS Terbaik, Lengkap dengan Segala Fitur yang Mumpuni

Listiorini Ajeng Purvashti·Aplikasi·20/01/2024

Aplikasi GPS ini sangat membantu kamu dalam menemukan lokasi dengan mudah. Fungsi dari aplikasi GPS adalah memberikan informasi mengenai jalur tujuan lokasi yang ingin kamu datangi. Misalnya, kamu sedang pelesiran ke wilayah baru, dan kamu tidak hafal jalan maka aplikasi GPS akan membantu kamu menemukan jalan terbaik.

Menemukan jalan terbaik ini berarti mencari rute yang tercepat. Tidak hanya itu saja, selain mencari rute menuju lokasi tujuan, aplikasi GPS juga akan membantu kamu untuk menemukan beberapa tempat yang mungkin kamu butuhkan selama di perjalanan, seperti pom bensin, restoran, bahkan mesin ATM.

Intinya aplikasi GPS ini sebuah peta digital yang dilengkapi dengan segala fitur berguna untuk kenyamanan kamu selama dalam perjalanan. Nah, jika kamu membutuhkannya, silakan cek beberapa rekomendasi aplikasi GP terbarik dari kami.

Aplikasi GPS Terbaik yang Patut Dicoba

Memang Google Maps adalah aplikasi GPS paling populer, tapi selain itu kamu juga mungkin bisa mempertimbangkan beberapa aplikasi lainnya.

1. Google Maps

Google Maps
sumber gambar: Google Play Store

Wajar saja jika kita menempatkan Google Maps di posisi pertama dalam daftar ini karena memang sampai saat ini masih banyak yang ketergantungan pada Google Maps atau yang lebih sering disingkat dengan Gmaps.

Saya sendiri lebih suka pakai Gmaps dibandingkan dengan aplikasi lainnya karena lebih familiar dan navigasinya pun lebih mudah. Selain itu, untuk pengguna Android, aplikasi Google Maps ini juga sudah pasti tersedia di HP, jadi tidak perlu install lagi.

Nah, kelebihan lain dari GPS adalah, dia bukan hanya sekedar mencari rute ketika kita sedang berkendara saja, karena Google Maps memberikan rute untuk pejalan kaki hingga pesepeda. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang rute dan jalur transportasi umum.

Hal lain yang menjadi bahan pertimbangan, Google Maps ini sangat lengkap karena ia sudah memberikan informasi kebutuhan pelancong, seperti letak pom bonsin, restoran, hotel, super market, hingga cafe.

2. Google Maps Go

Google Maps Go
sumber gambar: Google

Sama seperti Google Maps biasa, bedanya pada Google Maps Go ini bobot aplikasinya lebih ringan sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melonggarkan ruang memori di HP kamu. Dari tampilan interface-nya saja Google Maps Go ini lebih simple dan tidak sekompleks Google Maps biasa.

Meski fiturnya tidak selengkap seperti yang ada di Google Maps, namun Google Maps Go ini dibekali dengan fitur-fitur yang krusial dan yang paling dibutuhkan oleh pengguna. Dan, tentu saja untuk membuat aplikasi ini lebih ringan maka Google juga menyediakan fitur offline.

Namun, untuk bisa menggunakan fitur offline ini, kamu harus mengunduh peta terbaru terlebih dahulu. Kami sarankan saat mengunduh petanya gunakan WiFi agar tidak boros kuota internet.

3. Waze

Waze - aplikasi gps
sumber gambar: Google Play Store

Kalau aplikasi yang satu ini awalnya lebih populer di kalangan pengguna iOS atau di luar negeri. Namun kini, aplikasi Waze juga menjadi aplikasi penunjuk jalan yang paling disukai karena perlu aku akui bahwa tampilan di Waze terlihat lebih simple.

Selain itu, penunjuk arah yang ditampilkan oleh Waze juga lebih mudah dibaca ole orang awam yang jarang melihat peta. Dan, ada satu fitur yang menarik bagi saya, yaitu ia bisa dikoneksikan atau dihubungkan dengan aplikasi musik.

Nah, saya coba menghubungkannya menggunakan YouTube Music, dan itu berhasil sehingga setelah ini saya bisa membaca peta sekaligus mendengarkan musik favorit. Ini adalah fitur yang tidak ada di Google Maps, jadi Waze unggul dalam hal ini.

4. Sygic

Sygic
sumber gambar: Google Play Store

Kalau aplikasi GPS satu ini memang menspesialisasikan dirinya sebagai aplikasi penunjuk arah secara offline. Saat pertama kali menginstall dan membuka aplikasi Sygic, saya langsung diminta untuk mengunduh peta Indonesia yang totalnya hampir 400 MB.

Kemudian, saya juga diminta untuk menyalakan fitur lokasi, dan hal ini sangat wajar. Nah, setelah selesai mengunduh, Saya disuguhkan tampilan peta digital seperti di Waze atau Gmaps. Namun yang paling menarik dari aplikasi ini adalah ketersediaan fitur SmartCam.

Fitur SmartCam ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan dash cam di mobil dengan aplikasi Sygic. Jadi, kamu bisa memantau kamera mobil lewat HP dengan bantuan aplikasi Sygic. Kekurangan dari aplikasi ini adalah berbayar. Untuk menikmati semua fasilitasnya, kamu harus berlangganan dengan pilihan pembayara perbulan, per-enam bulan, atau per tahun.

5. Yandex Maps

Yandex Maps
sumber gambar: Google Play Store

Selain empat aplikasi yang sudah disebutkan, saya juga mau merekomendasikan aplikasi bernama Yandex Maps. Yandex sebenarnya lebih dikenal sebagai aplikasi mesin pencari seperti Google, namun ia juga memiliki aplikasi GPS yang sangat membantu siapa pun menemukan lokasi dengan mudah.

Meski Yandex Maps ini memiliki keterbatasan berupa beberapa lokasi yang tidak terdeteksi, namun Yandex Maps memiliki fitur yang menarik. Fitur menarik ini adalah, pengguna bisa melihat peta dengan mode map dan mode satelite.

Nah, uniknya kamu bisa menggabungkan dua mode tersebut, jadi kamu bisa melihat peta seperti map biasa dan juga satelite sehingga tampilannya terlihat lebih detail tapi agak buram. Kalau mau terlihat sangat detail, kamu pilih saja mode satelite tapi mode ini akan menghabiskan internet dan baterai dengan cepat.

6. HERE WeGo

HERE WeGo
sumber gambar: Google Play Store

Berikutnya, kamu bisa coba HERE WeGo, salah satu aplikasi GPS yang bagus dan cukup lengkap. Memang jika dibandingkan Google Maps dan Waze, HERE WeGo tidak menawarkan banyak fitur menarik yang lengkap.

Meski begitu, HERE WeGo masih bisa kamu pertimbangkan jika membutuhkan aplikasi penunjuk arah yang simple tidak banyak fitur, dan memang fokus sebagai penunjuk jalan saja. Di sini juga ada kok fitur untuk mencari pom bensin, restoran, kafe, dan lain-lain, tapi datanya tidak selengkap Gmaps.

Tapi, yang saya suka dari aplikasi ini adalah tampilannya super simple sehingga membaca rutenya pun lebih nyaman dan gampang. Oh iya, di sini juga ada fitur untuk menampilkan peta dengan mode satellite.

Mode satellite ini bisa menampilkan jalanan yang lebih detail, namun ia tidak bisa menampilkan fitur tambahan lainnya, seperti menampilkan detail tentang informasi bangunan.

7. CityMaps2Go

CityMaps2Go - aplikasi gps
sumber gambar: Google Play Store

Aplikasi CityMaps2Go membutuhkan ruang memori sekitar 78 MB, jadi menurut saya sih aplikasi ini tergolong ringan. Wajar aplikasi ini ringan karena memang CityMaps2Go memiliki konsep aplikasi GPS offline, artinya kamu harus mengunduh peta terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi ini ketika kamu akan pergi hiking, camping, atau kegiatan lain di alam terbuka yang minim koneksi internet. Tapi, karena aplikasi ini offline, jadi kamu harus membayar untuk bisa menggunakan aplikasi ini secara leluasa.

8. MAPS.ME

MAPS.ME
sumber gambar: Google Play Store

Satu lagi aplikasi yang bagus untuk menunjuk jalan, namanya adalah MAPS.ME. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secaar offline dan online. Lebih asyiknya lagi, kamu tidak diwajibkan untuk login account, jadi kalau pun tidak memiliki akun MAPS.ME, kamu tetap bisa cari rute terbaik lewat aplikasi ini.

Secara keseluruhan, aplikasi ini punya fitur yang mirip dengan aplikasi GPS pada umumnya. Namun, untuk fitur offline, kamu harus mengunduh data peta terlebih dahulu. Saat saya coba mengunduh data peta hanya untuk daerah Jawa Barat saja, aplikasi ini memakan sekitar 420 MB, agak boros kuota internetmenurut saya. Tapi, hal ini masih tergolong wajar saja.

Nah, itulah berbagai macam aplikasi bagus untuk peta digital. Bisa dilihat bahwa Google Maps bukanlah satu-satunya aplikasi untuk menunjukkan rute perjalanan. Namun, harus aku akui Google Maps masih lebih unggul dibandingkan aplikasi lainnya. Bagaimana menurut pendapatmu?

Awesome
Needs Work
Contact

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)