Gibran-Mahfud Trending Topic, Netizen Akui Pertanyaan Tak Layak Jawab - CNN Indonesia

 Gibran-Mahfud Trending Topic, Netizen Akui Pertanyaan Tak Layak Jawab

CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Netizen menilai pertanyaan yang dilontarkan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming kepada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1) malam, sebagai pertanyaan receh dan tak layak dijawab.

Berdasarkan daftar trending topic X alias Twitter Indonesia per Senin (22/1) pukul 06.59 WIB, kata kunci 'Gibran' ada di peringkat kedua dengan 733 ribu kicauan, dan 'Mahfud' berada di peringkat ketiga dengan 786 ribu postingan. #DebatCawapres ada di rangking 1.

Hal itu terpantau terkait dengan penampilan keduanya dalam debat cawapres pada Minggu (21/1) malam terkait pertanyaan 'receh'.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Awalnya, Gibran bertanya kepada Mahfud soal strategi untuk mengatasi greenflation.

Mahfud menjawab greenflation berhubungan dengan ekonomi hijau di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi dengan didaur ulang (recycle) bukan dibuat baru.

"Jadi bukan barang itu dibiarkan untuk mengganggu ekologi," katanya.

Gibran kembali bertanya ke Mahfud. "Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari dimana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya."

"Saya juga ingin cari jawabannya, ngawur juga tuh. Gila nih, ngarang garang enggak karuan. Mengaitkan dengan sesuatu yang tidak ada," balas Mahfud.

"Kalau akademis itu, gampangnya kalau bertanya-tanya yang kayak gitu recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya," ia menambahkan.

Netizen pun sepakat.

"Iya kak, Prof Mahfud keren sih menanggapi dgn tegas gitu, yg jujur kalau aku dapat komen "pertanyaan receh tidak pantas dijawab" dari orang intelek bakal ketar-ketir tp G ini sungguhlah nggak habis pikir," @bvttercookies_.

Akun @cinnamongirlc menyatakan, "Mahfud tuh salah satu orang cerdas di pemerintahan ini, kalau dia mau nyerang Gibran balik bisa aja dia pakai segudang istilah akademisi yang dia mengerti."

"Tapi betul, debat ini kan bukan bahas istilah berat tapi policy. Gibran ga nangkap itu, malah respon "pak Mahfud ngambek ya pertanyaan saya sulit" jokes on him," cetus dia.

Akun @abi_daawud pun menyoroti tindakan Gibran yang melanggar aturan debat, yakni meninggalkan podium.

"Raja? Norak kali, sudah melanggar aturan gk boleh maju, abis itu meledek yg tua, kita saksikan kok gaya tengil waktu buat gimik norak ke pak Mahfud, lalu mengulang pertanyaan yg jelas sudah diatur dalam debat, norak sekali," kicaunya.

Terlebih, kata akun @Rohmad_Sob, Mahfud mendapat sentimen bagus karena masih mau bersalaman di akhir debat meski ada pertanyaan 'receh' itu.

"Dan tetap mau tuh salaman, biasa saja Pak Mahfud. Ya kalau pertanyaan dan Pernyataan recehan ngapain dijawab," kicaunya.

Sentimen positif

Imbas respons atas pertanyaan itu, Mahfud memang tercatat mendapat sentimen positif tinggi berdasarkan analisis Drone Emprit.

Ismail Fahmi, founder lembaga analisis media sosial Drone Emprit, mengatakan Mahfud mendapat respons positif cukup tinggi pada debat cawapres kali ini, yakni 79 persen, hanya kalah dari cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Ada juga pengguna media sosial yang menganggap pertanyaan yang diajukan kepada Mahfud MD sebagai pertanyaan yang receh dan tidak layak dijawab," kata Ismail dalam cuitannya, Senin (22/1).

Ismail menjelaskan volume percakapan mengenai Mahfud sebetulnya lebih sedikit dibanding Cak Imin dan Gibran, tapi pandangan terhadapnya mayoritas positif.

Menurut Ismail, hal ini menunjukkan kualitas daripada kuantitas dalam hal sentimen online.

Faktor lainnya yang membuat Mahfud mendapat sentimen positif adalah, dia dianggap sebagai sosok yang arif, bijaksana, dan cerdas dalam menyampaikan pendapatnya.

Menurut Ismail dari hasil analisis Drone Emprit, beberapa pengguna media sosial menghormati Mahfud MD karena dianggap sebagai profesor yang memiliki pengetahuan yang luas.

Tidak hanya itu, ada beberapa pengguna media sosial yang mengkritik sikap Gibran Rakabuming yang dianggap tidak menghormati Mahfud MD dalam debat. Selain itu, Mahfud MD dianggap konsisten dan solid dalam penampilannya dalam debat.

Menurut Ismail, secara umum netizen mengapresiasi penampilan Mahfud pada debat cawapres semalam.

"Secara umum, Mahfud MD mendapatkan apresiasi atas penampilannya dalam debat dan dianggap memiliki pengetahuan yang baik dalam berbagai isu yang dibahas," ungkapnya.

Usai debat, Mahfud kembali bicara soal pertanyaan yang diajukan Gibran. Menurut dia pertanyaan tersebut recehan dan sebatas gimik dari putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

"Soal pertanyaan receh itu ya bagian dari gimmick saja, karena dia kan juga gimmick, sesuatu yang ditanyakan lalu dianggap wah bukan itu pertanyaannya, padahal pertanyaannya memang itu," katanya saat konferensi pers usai debat.

"Saya katakan kok ini jawabannya receh banget, enggak usah dilanjutkan saya bilang, saya kembalikan ke moderator," imbuhnya.

(tim/dmi)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin