Hot : Performa Youtube Lambat Untuk Pengguna AdBlock - Ini Penyebabnya! - Winpoin

 

Hot : Performa Youtube Lambat Untuk Pengguna AdBlock - Ini Penyebabnya!

  • Posted by
  • 2 min

Baru baru ini sempat ramai dikabarkan bahwa performa Youtube lebih lambat ketika pengguna menggunakan Adblock atau aplikasi pemblokir iklan. Tidak hanya performa situs secara keseluruhan, buffering video juga tampaknya diperlambat yang kabarnya ini bertujuan agar Youtube tidak dapat digunakan ketika akses Adblock diaktifkan.

Nah sebelumnya menurut pengujian yang dilakukan oleh PCGamer tampak menunjukan bahwa saat Youtube dibuka dengan Adblock, beban CPU pada perangkat meningkat sekitar 17% dibandingkna saat Adblock dinonaktifkan. Selaini tu pengguna yang berlangganan Youtube Premium juga mendapatkan peningkatan beban CPU sekitar 15 – 18%.

Lalu bagaimana pendapat Google mengingat hal ini cukup ramai diperbincangkan di Reddit?, sayangnya Google dan Youtube menolak memberikan komentar mengenai penemuan baru ini, namun tentu banyak orang mengemukakan teori konspirasi mengingat bahwa Google dan Youtube saat ini mulai memblokir penggunaan Adblock.

Penyebab Masalah?

Sementara Google dan Youtube tidak memberikan komentar apapun, pengembang Adblock Plus di GitLab mencatat masalah ini sebagai regresi kinerja pada Repo GitLab nya, dimana ia menulis :

Baru-baru ini, ABP merilis versi 3.22 yang meningkatkan versi mesin ekstensi yang dibundel menjadi 1.1.1. AdBlock merilis versi 5.17.0 yang juga memperbarui mesin ekstensi ke versi 1.1.1. Kami mendapat beberapa laporan tentang waktu respons yang lambat sejak pembaruan.

Tampaknya ada masalah di mesin ekstensi karena ABP, AdBlock, dan ekstensi pengujian EWE semuanya tampaknya mengalami masalah serupa dengan mesin ekstensi versi 1.1.1.

Nah masalah ini kabarnya telah diperbaiki pada eyeo’s Web Extension Ad Blocking Toolkit terbaru versi 1.1.2, dimana perubahan yang merusak telah dikembalikan.

Name: @eyeo/webext-ad-filtering-solution
New version: 1.1.2


Reverted "Content filters are now updated via the history.pushState() event, when single page apps navigate using the browser's history API (EE-14, EE-90)".

Breaking changes: None.
Other changes: Reverted performance regression.

Sehingga dengan itu dapat dikatakan bahwa ini bukan masalah yang disebabkan oleh pihak Google dan Youtube melainkan masalah dari dblock itu sendiri, sehingga jika kamu mendapati masalah seperti penurunan performa, ada baiknya kamu memperbaiki Adblock dan Adblock Plus yang kamu gunakan, selain itu tidak disarankan juga untuk menjalankan beberapa filer konten atau adblocker berbeda didalam satu browser untuk menghindari masalah kinerja.

Jadi, apakah kamu mendapati masalah tersebut? atau kamu punya teori konspirasi lain mengingat Google dan Youtube melarang penggunaan Adblock demi mendukung konten kreator? komen dibawah guys dan berikan pendapatmu.

Via : Neowin

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin