India Luncurkan Satelit Pertama untuk Pelajari Lubang Hitam - inews

 India Luncurkan Satelit Pertama untuk Pelajari Lubang Hitam

Ahmad Islamy Jamil

India Luncurkan Satelit Pertama untuk Pelajari Lubang Hitam Ilustrasi lubang hitam atau black hole. (Foto: Ist.)

NEW DELHI, iNews.id – India pada Senin (1/1/2024) kemarin meluncurkan satelit pertama yang digunakan untuk mempelajari lubang hitam. Peluncuran satelit itu seiring dengan ambisi New Delhi untuk memperdalam upaya eksplorasi ruang angkasa menjelang misi berawak yang akan dilaksanakan pada tahun depan.

Ketua Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), S Somanath mengatakan, pesawat luar angkasa yang diberi nama X-ray Polarimeter Satellite itu diluncurkan ke orbit 350 km dari sebuah pulau dekat pelabuhan antariksa utama India, Sriharikota. Lokasinya berada di lepas pantai Negara Bagian Andhra Pradesh. 

Baca Juga

 Kumpulkan Banyak Data, Chandrayaan-3 India Deteksi Gempa Bulan Pertama 

Bloomberg melansir, satelit berbobot sekitar 470 kg itu akan melakukan penelitian ulang terhadap sinar-X yang berasal dari sekitar 50 benda langit dengan bantuan dua muatan yang dibangun oleh ISRO dan sebuah lembaga penelitian lainnya yang berbasis di Bengaluru.

Pada 2021, NASA meluncurkan misi serupa, Imaging X-ray Polarimetry Explorer. Misi bertujuan untuk menjawab sejumlah pertanyaan seperti mengapa lubang hitam berputar dan melanjutkan temuan teleskop andalannya, Chandra X-ray Observatory, yang diluncurkan lebih dari dua dekade lalu.

Baca Juga

India Mendarat di Bulan, Misi Chandrayaan-3 Bagikan Foto Permukaan Berlubang Satelit Alami Bumi

Sementara Badan Antariksa Nasional China (CNSA) meluncurkan teleskop luar angkasa sinar-X pertama di negara itu yang mampu mengamati lubang hitam, pulsar, dan semburan sinar gamma pada 2017.

Baca Juga

Belerang di Tanah Bulan Terdeteksi Chandrayaan-3 India, Ilmuwan: Temuan Ini Penting

Pada 2025,  proyek antariksa yang akan dilakukan India antara lain mencakup peluncuran astronaut pertama dalam misi berawak, bernama Gaganyaan. Setelah pesawat luar angkasanya berhasil mendarat di dekat kutub selatan bulan pada tahun lalu, India berencana untuk mengembangkan kendaraan peluncuran generasi berikutnya dan landasan peluncuran baru, dengan tujuan mendaratkan manusia di bulan pada 2040.

Negeri anak benua itu juga berupaya menjalin kerja sama dengan perusahaan luar angkasa lainnya untuk mewujudkan ambisinya. Administrator NASA, Bill Nelson, mengunjungi India pada November lalu, menjelang misi observasi bumi gabungan AS-India yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun ini juga.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)