Microsoft Pensiunkan Aplikasi WordPad Setelah Hampir 30 Tahun- detik

 

Microsoft Pensiunkan Aplikasi WordPad Setelah Hampir 30 Tahun

By Virgina Maulita Putri
detikcom
January 8, 2024
Microsoft Resmi Pensiunkan Aplikasi WordPad Setelah Hampir 30 Tahun Foto: Neowin
Microsoft Resmi Pensiunkan Aplikasi WordPad Setelah Hampir 30 Tahun Foto: Neowin
Jakarta-

Microsoft mulai menghapus aplikasi WordPad, salah satu editor teks yang tersedia di Windows. WordPad sudah menjadi bagian dari Windows selama hampir 30 tahun.

Perubahan ini diumumkan langsung oleh Microsoft di Windows Insider Blog sebagai bagian dari patch notes untuk Windows 11 Insider build 26020. Microsoft mengatakan aplikasi WordPad tidak akan tersedia setelah menginstal build Windows terbaru.

Aplikasi WordPad juga akan dihilangkan di update berikutnya dan tidak akan tersedia untuk diinstal ulang. Microsoft juga menegaskan bahwa WordPad merupakan fitur yang 'deprecated' alias sudah tidak didukung atau dikelola oleh pengembangnya.

WordPad pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 sebagai bagian dari sistem operasi Windows 95. Aplikasi ini merupakan penerus dari Microsoft Write, aplikasi pengolah kata sederhana yang diperkenalkan di Windows 1.0.

Saat diluncurkan, Microsoft memposisikan WordPad sebagai editor teks yang memiliki fungsi mirip Microsoft Word, dan sebagai versi lebih canggih dari Notepad yang dirilis tahun 1983, seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (8/1/2024).

Tamatnya riwayat WordPad sudah diprediksi sejak aplikasi itu tidak mendapatkan update seperti mode gelap. Di sisi lain, aplikasi Notepad malah menerima banyak fitur baru seperti mode gelap, tab, dan penyimpanan otomatis.

Setelah aplikasi WordPad dipensiunkan, Microsoft menyarankan pengguna beralih ke Microsoft Word untuk mengolah dokumen teks dalam format seperti .doc dan .rtf, serta Notepad untuk dokumen teks biasa dalam format .txt.

Selain WordPad, Microsoft juga mematikan aplikasi People. Aplikasi ini dihapus karena sebagian besar fiturnya (terutama untuk mengelola kontak) akan dipindahkan ke Outlook untuk Windows.

Simak Video "Penyesalan Bos Microsoft Hentikan Proyek Windows Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)