6 Mobil Terbang di Dunia, Terbaru Buatan Indonesia - inilah

 

6 Mobil Terbang di Dunia, Terbaru Buatan Indonesia

Oleh
Share
Mobil Terbang di Dunia

Ilustrasi. 6 Mobil terbang di dunia. (Sumber Foto: Samson Sky)

Inovasi alat transportasi terus berkembang. Bukan hanya perihal mesin dan bahan bakar, saat ini alat transportasi memiliki banyak jenis. Bahkan, sekarang ada mobil terbang di dunia ini.

Siapa sangka, Indonesia saat ini juga sudah memiliki alat transportasi tersebut. Produk mobil terbang PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama Vela Aero, Vela Alpha sudah berhasil ikut tampil dalam acara Singapore Airshow 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi pengembangan dari mobil tersebut. Ia menyebutkan bahwa mobil ini nantinya cocok digunakan sebagai taksi udara yang beroperasi di kota besar.

Mobil Terbang di Dunia, Cocok untuk Hindari Macet

Kemacetan di jalan raya sudah jadi keseharian dari masyarakat di kota-kota besar. Mobil terbang memang menjadi inovasi alat transportasi yang diidamkan oleh kebanyakan orang karena ingin menghindari macet.

Saat ini sudah ada beberapa perusahaan produsen kendaraan yang sedang membuat dan mengembangkan mobil terbang. Bahkan, sebagian mobil terbang ini sudah bisa dipesan.

Berikut 6 mobil terbang di dunia yang bisa jadi pilihan kendaraan Anda di masa depan:

1. Pal V Liberty

Pal-V Liberty merupakan salah satu mobil terbang di dunia.
Pal-V Liberty. (Sumber Foto: Pal-V)

Mobil terbang buatan perusahaan Belanda ini merupakan mobil terbang pertama yang mendapat izin untuk dikendarai di jalan raya Eropa. Pal V Liberty yang memiliki 3 roda ini memiliki kecepatan mencapai hampir 100 mph di darat. 

Saat mengudara, kecepatan mobil ini bisa mencapai 250 mil/jam jika diisi oleh 2 orang, dan 310 mil/jam jika hanya diisi oleh pilot saja.

Pal V Liberty dijual dengan harga US$. 300 ribu atau sekitar Rp. 4,6 miliar.

2. Samson Sky Switchblade

Advertisement

Daftar mobil terbang di dunia selanjutnya diisi oleh Samson Sky Switchblade. Setelah 14 tahun merancang desain dan melakukan uji coba, mobil ini akhirnya resmi terbang untuk pertama kali pada bulan November 2023 kemarin. Namun, mobil ini diperkirakan baru turun ke pasaran di tahun 2025 nanti.

Samson Sky Switchblade merupakan mobil terbang yang memiliki 3 roda dan berkapasitas 2 penumpang. Mobil ini bisa terbang sampai ketinggian 13 ribu kaki dengan kecepatan mencapai 160 mil/jam.

Samson Sky rencananya akan menjual mobil ini dengan harga mulai dari US$. 170 ribu atau sekitar Rp. 2,6 miliar sampai US$. 770 ribu atau sekitar 12 miliar tergantung pada jenis modelnya.

3. Vela Alpha

Vela Alpha merupakan mobil terbang buatan Indonesia.
Konsep Vela Alpha. (Sumber: Youtube Vela Aero)

Produk asli Indonesia ini sedang dalam tahap pengajuan uji laik terbang ke Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan. 

Vela Alpha yang berbentuk seperti drone besar ini bisa diisi oleh 1 pilot dan 4 penumpang. Mobil ini memiliki kecepatan maksimum 250 km/jam dengan jangkauan mencapai 100 km jika menggunakan mode elektrik dan 500 km jika menggunakan mode hybrid.

Vela Alpha direncanakan turun ke pasaran pada tahun 2028. Namun, sampai saat ini masih belum ada informasi mengenai perkiraan harganya.

4. Alef Model A

Tampilan Alef Model A.
Alef Model A termasuk sebagai salah satu mobil terbang di dunia. (Sumber Foto: Alef Aero)

Mobil buatan Alef Aeronautics ini diklaim sebagai mobil terbang pertama di dunia yang bisa digunakan di jalan umum dan dapat diparkir seperti mobil biasa. Mobil listrik yang bisa membawa 2 penumpang ini memiliki jarak tempuh mencapai 321 km di darat dan 177 km di udara. 

Alef Model A direncanakan untuk memulai produksi pada kuartal pertama tahun 2025 dan sudah bisa dipesan dari sekarang dengan harga US$. 300 ribu atau sekitar Rp. 4,6 miliar.

Baca Juga:

5. Klein Vision AirCar

Klein Vision AirCar.
Penampilan mobil terbang Klein Vision AirCar. (Sumber Foto: Klein Vision)

Klein Vision AirCar merupakan mobil terbang yang berasal dari Slovakia. Konsep desain dari mobil ini adalah campuran antara hypercar Italia dan tank militer

Mobil ini memiliki kapasitas 2 penumpang dengan perkiraan harga saat rilis berada di antara US$. 500 ribu sampai US$. 1 juta. 

Saat ini Klein Vision AirCar sedang mengusahakan izin untuk beroperasi di Eropa dan rencananya mereka juga akan membuat versi 4 penumpang dari mobil ini.

6. Aska A5

Aska A5.
Tampak samping dari Aska A5. (Sumber Foto: Aska Fly)

Mobil yang berukuran sebesar SUV ini memiliki desain yang mirip seperti pesawat dengan memiliki 6 baling-baling di sayapnya yang besar. 

Aska A5 ini memiliki jarak tempuh sejauh 250 mil dan kecepatan mencapai 150 mil/jam saat terbang. Sedangkan saat di darat, salah satu mobil terbang di dunia ini memiliki kecepatan mencapai 70 mil/jam.

Mobil terbang bertenaga listrik ini rencananya akan turun ke pasaran pada tahun 2026 dengan harga sekitar US$. 800 ribu dolar atau Rp. 12,5 miliar.

Itulah 6 daftar mobil terbang di dunia. Dengan harganya yang cukup tinggi, apakah Anda tertarik untuk membelinya?

.

.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)