Mobil Terbang Pertama di Dunia, Ini Kecanggihan dan Harganya - Inilah

 

Mobil Terbang Pertama di Dunia, Ini Kecanggihan dan Harganya

Oleh
Share
mobil terbang pertama di dunia

Mobil terbang pertama di dunia sudah bisa dipesan. (Sumber Foto: Alef Aero)

Mobil terbang pertama di Indonesia sudah mulai dikenalkan ke publik tepatnya pada acara Singapore Airshow 2024. Meski bukan mobil terbang pertama di dunia, mobil ini mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Vela Alpha merupakan mobil terbang yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama Vela Aero. 

Mobil yang memiliki kapasitas 1 pilot dan 4 penumpang ini disebut memiliki kecepatan maksimum 250 km/jam dengan jarak tempuh mencapai 100 km jika menggunakan mode elektrik dan 500 km jika menggunakan mode hybrid.

Budi Karya menyebutkan bahwa Vela Alpha nantinya cocok digunakan sebagai taksi udara di kota besar. 

Mobil terbang memang bisa digunakan sebagai salah satu alat transportasi yang bisa menghindari kemacetan dengan mudah. Namun sampai saat ini, masih sedikit pilihan mobil terbang yang bisa dibeli dan memiliki izin jalan.

Mengenal Mobil Terbang Pertama di Dunia

Alef-Model-A-2a-1024x576.jpg
Alef Model A merupakan mobil terbang pertama di dunia. (Sumber Foto: Alef Aero)

Jika Vela Alpha merupakan mobil terbang pertama di Indonesia, Alef Model A disebut sebagai mobil terbang pertama di dunia. Mobil ini diproduksi oleh perusahaan asal Amerika, Alef Aeronautics.

Advertisement

Pada tahun 2023, Alef Aeronautics mengklaim Alef Model A sebagai mobil terbang pertama di dunia yang bisa digunakan di jalan umum dan dapat diparkir seperti mobil biasa.

Selain menjadi mobil terbang pertama di dunia, Alef Model A juga merupakan mobil listrik pertama yang memiliki izin untuk terbang. 

Mobil ini sudah mendapatkan sertifikasi kelaikan khusus dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) di bulan Juli 2023 yang memungkinkan mereka untuk melakukan pengujian lebih lanjut.

Alef Model A.
Desain Alef Model A. (Sumber Foto: Alef Aero)

Mobil ini di desain oleh desainer asal Swedia, Hirash Razaghi yang sebelumnya pernah merupakan desainer interior dan exterior Bugatti dan Jaguar.

Selain itu, Alef Model A memiliki desain tampilan yang futuristik ini dirancang agar bisa lepas landas dengan mode vertikal maupun horizontal. 

Mobil ini bisa membawa 2 penumpang serta memiliki jarak tempuh mencapai 321 km di darat dan 177 km di udara. 

Mobil ini memiliki kecepatan yang cukup rendah. Batas kecepatan maksimalnya hanya 40 km/jam saat di darat. Namun, saat terbang mobil ini bisa jauh lebih cepat.

Baca Juga:

Alef Model A direncanakan untuk memulai produksi pada kuartal pertama tahun 2025 dan sudah bisa dipesan dari sekarang dengan harga US$. 300 ribu atau sekitar Rp. 4,6 miliar. 

Untuk membeli mobil ini, pembeli bisa masuk ke daftar antrian pembelian dengan membayar US$. 150 atau sekitar Rp. 2,3 juta. 

Para pembeli juga dapat membayar US$. 1500 atau sekitar Rp. 23 juta untuk masuk ke dalam daftar antrian prioritas.

Bagaimana, apakah Anda berencana untuk memiliki mobil ini?

.

.

Baca berita dan artikel menarik lain Inilah.com di Google News.

Baca Juga:

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)