99 TPS di Kepulauan Riau Terkendala Sinyal Internet - CNN Indonesia

 99 TPS di Kepulauan Riau Terkendala Sinyal Internet

CNN Indonesia

Tanjung Pinang, CNN Indonesia --

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau menyebut terdapat 99 TPS tersebar di tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Riau masih mengalami masalah jaringan internet.

"Ada 99 lokasi TPS di Kepri yang posisi internetnya itu lemah sinyal, artinya bukan Blank Spot ya, karena kan rata - rata pengiriman data itu melalui foto yang mungkin itu akan lambat," kata Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan saat di konfirmasi, Kamis (1/2).

Menurutnya, masalah jaringan internet yang dihadapi pada Pemilu 2024 sudah dibahas melalui rapat koordinasi forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dipimpin Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Masalah itu juga sudah dilaporkan kepada Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dan berkoordinasi dengan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo.

"Kita minta ada penambahan penguatan signal di 99 titik TPS di Kepri, karena kekuatan signalnya lemah saat ini hanya 8 Mbps hingga 10 Mbps, kita mau sampai 30 Mbps," ungkap Hasan.

Hasan juga mengaku sudah menyampaikan masalah jaringan internet tersebut ke provider yang ada di Kepri agar membantu untuk melakukan penguatan sinyal.

"Saya tinggal menunggu progres dari provider, minggu ini sudah bisa sampaikan ke kita terkait perkembangan masalah lemah signal 99 TPS itu," katanya. 

Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi (KPU) Provinsi Kepulauan Riau, Fery Manalu mengatakan 99 TPS tersebar di tujuh kabupaten/kota mengalami Blank Spot atau tidak mendapat sinyal dari menara telekomunikasi.

"Paling banyak TPS-nya tidak ada koneksi internet Kabupaten Karimun, sebanyak 39 titik. Disusul Kabupaten Lingga 22 TPS, Batam 15 TPS, Bintan 13 TPS, Anambas 9 TPS dan Natuna 1 TPS," Kata Fery Manalu.

Menurutnya jaringan internet merupakan hal penting untuk mengirim laporan hasil rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara tingkat TPS dan PPK.

"Jaringan internet ini sangat kami butuhkan dalam proses rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara 2024," jelasnya.

Ia berharap Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau segera mengatasi masalah jaringan internet tersebut.

"Hari ini sebenarnya sudah ada tim turun untuk menyelesaikan persoalan yang 99 titik ini. Mudah-mudahan ya, ada progres yang lebih baik. Harapan kita di hari H nanti semua terkoneksi dengan baik," ungkapnya.

Sesuai data dari KPU Kepri terdapat 5.914 TPS yang tersebar di tujuh kabupaten/kota dan 80 Kelurahan di Kepri dengan jumlah pemilih pada Pemilu 2024 sebanyak 1.500.974.

(arp/isn)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin