Bisakah Kita Menghapus System32 Dengan Sudo for Windows? - Winpoin

 

Bisakah Kita Menghapus System32 Dengan Sudo for Windows?


  • Posted by
  • Updated 
  • 2 min

Beberapa hari sebelumnya kita telah mendapatkan kabar baik karena Windows 11 Akan Dapatkan Perintah ‘sudo’ Seperti di Linux. Bahkan menariknya nih Sudo for Windows Ternyata Bisa Berjalan di sistem operasi yang lebih lama termasuk Windows 7, 8 dan 10.

Bagi yang belum tahu, sama seperti di Linux dan Mac, perintah sudo di Windows akan memungkinkan pengguna mendapatkan hak akses super user dimana hak akses ini lebih tinggi dari administrator.

Pertanyaannya, apakah kita bisa menghapus folder system32 dengan perintah sudo?, karena di Linux kita bisa menghapus apapun dengan sudo, bahkan menghapus folder root sekalipun. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini saya sudah menginstall sudo di Windows 10 yang saya install di Virtual Machine, dan mari kita coba menghapus folder system32.

Nah untuk menguji hal tersebut, setelah sudo saya install, tentu kita buka Command Prompt as Administrator dan masuk ke Directory C:\WIndows, disana saya langsung ketik saya sudo rmdir “System32”.

Hasilnya gagal, karena tampaknya file tengah digunakan oleh process lain, oh iya, mari kita coba dengan menggunakan perintah sudo rmdir /s “System32” untuk penghapusan item secara rekursif.

Seperti pada gambar diatas, ternyata process penghapus ditolak / access is denied. Terakhir kita coba menggunakan perintah sudo rmdir /s /q “System32”.

Sayangnya hasilnya masih sama dimana akses penghapusan ditolak oleh sistem.

Kesimpulan

Berdasarkan pengujian diatas, kita tetap tidak dapat menghapus folder system32 dengan perintah sudo, baik jika kita menggunakan command prompt dan powershell, dijalankan dengan atau tanpa hak akses administrator, perintah sudo tidak sesuper yang seharusnya.

Oh iya, selain perintah rmdir, saya juga menggunakan perintah rd, dan del, namun masing masing mendapati hasil yang sama.

Jadi kesimpulannya adalah bahkan sudo for windows ini tidak spesial seperti yang sudo yang ada di Linux karena masih tidak memiliki kemampuan untuk mengubah dan menghapus file sistem itu sendiri, namun untuk menginstall aplikasi menggunakan winget, perintah sudo cukup bermanfaat karena kita bisa menginstall aplikasi dengan lebih mudah.

Atau saya keliru dalam memasukan perintah cmd?, komen dibawah guys dan apakah kamu sudah mencobanya?

Update 15 Februari 2024 : Sistem Gagal Boot

Guys, setelah saya matikan perangkat dan mencoba boot kembali, ternyata sistem langsung menampilkan BSOD (dalam kasus saya GSOD karena saya menggunakan build insider).

Setelah itu, sistem akan kembali restart dan kemudian Startup recovery akan berjalan, namun sayangnya sistem gagal menjalankan perbaikan.

Dengan kata lain, meskipun dalam command prompt seperti yang saya tunjukan diatas mengalami kegagalan, namun ketika sistem dimuat ulang, ternyata sistem akan rusak.

Jadi, jangan coba coba di perangkat utama ya guys. Terima kasih.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)