Bocoran Terbaru, Intel Matikan Hyper-Threading Pada Generasi Processor Terbaru - Winpoin

 

Bocoran Terbaru, Intel Matikan Hyper-Threading Pada Generasi Processor Terbaru


  • Posted by
  • 1 min

Kabar mengenai Intel yang akan mematikan Multi-threading Simultan (SMT) atau Hyper-Threading memang sudah ada sejak beberapa minggu lalu, dimana teknologi yang telah ada selama lebih dari 20 tahun ini memang menjadi hal yang menarik sejak kehadirannya pada CPU Xeon dan Pentium 4 di tahun 2000 an.

Nah bagi yang belum tahu, teknologi Hyper-Threading (HTT) memungkinkan core processor untuk mengeksekusi lebih dari satu instruksi dalam pipeline, dimana pemrosesan pararel ini akan meningkatkan kinerja multithread dari chip hyperthread karena satu core fisik pada chip dapat bertindak seperti dua core logika hyper-threaded.

Meskipun dapat dikatakan teknologi ini sukses diperkenalkan Intel dalam beberapa generasi processor mereka, namun Intel tampaknya ingin meninggalkan teknologi tersebut pada procesor di generasi berikutnya.

Mengenai hal tersebut, ada sebuah bocoran terbaru yang menampilkan CPU Lunar Lake – Processor Intel Gen 16 yang tampaknya jumlah core dan logical processor meiliki angka yang sama.

Image by : Xzair (Zhihu)

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, julmah core dan logical processor adalah sama, dengan kata lain teknolgi HTT sudah tidak lagi digunakan.

Kemudian, selain Lunar Lake yang akan menghilangkan Hyper-Threading, rumornya dokumen Intel juga tampak menampilkan HTT hilang disisi desktop Arrow Lake-S juga.

Nah seperti yang diungkapkan dalam artikel beberapa bulan lalu, Intel tampaknya akan memulai Era baru pada processor generasi 15 dan 16 mereka, dan dihilangkannya teknologi Hyper-Threading merupakan salah satunya.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa kabar ini masih menjadi rumor dan belum ada informasi resmi dari pihak Intel, sehingga bisa saja rumor dan bocoran baru ini meleset dari yang diperkirakan.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)