Cara Mempercepat Laptop Windows 11 Tanpa Ribet - winpoin

 

Cara Mempercepat Laptop Windows 11 Tanpa Ribet

Cara Matikan Semua Notifikasi di Windows 11, yang Terganggu Wajib Coba! 

Cara Mempercepat Laptop Windows 11

1. Nonaktifkan Program Startup

Mempercepat Windows 11/10 bisa dilakukan dengann menonaktifkan program startup. Dalam kebanyakan kasus, banyak komputer desktop dan laptop dilengkapi dengan program startup pra-instal yang beroperasi secara penuh. 

Baca Juga

5 Cara Mengunci Folder di Laptop Windows 11, Aman Pakai Fitur Bawaan 

Menambahkan lebih banyak aplikasi dapat mengurangi kecepatan operasional Windows 11/10 Anda. Untuk meningkatkan kinerja, Anda perlu mengidentifikasi aplikasi di sistem yang hampir tidak pernah digunakan. 

2. Matikan Tips dan Trik Windows

Tips terkadang lebih mengganggu dibanding menguntungkan bagi penguna baik dalam jangka pendek dan panjang. Jika mulai merasakan penurunan pada kecepatan sistem, Anda harus mempertimbangkan untuk mematikannya. 

Baca Juga

Cara Merekam Layar Laptop Windows 11, Mudah Pakai Fitur Bawaan

Untuk mempercepat, Windows 11/10 dengan mematikan tips dan trik, klik tombol Startup dan pilih ikon pengaturan. Setelah itu, Anda harus menuju ke notifikasi sistem. Scroll ke bawah untuk mematikan tombol Dapatkan tips dan saran.

3. Hentikan OneDrive dari Sinkronisasi

OneDrive memastikan file yang dimiliki sistem selalu diperbarui dan disinkronkan dengan sempurna. Jika memiliki One Drive di komputer, layanan akan melakukan kegiatan sinkronisasi secara konstan dan walaupun ini diperlukan demi memastikan kelancaran operasi, tapi memperlambat komputer.

4. Nonaktifkan Search Indexing

Windows 11/10 sebagai upgrade pada aplikasi sistem Microsoft memiliki beberapa kemampuan fungsional yang tidak dimiliki versi lama. Salah satu kemampuan ini adalah fungsi indexing. 

Fitur indexing membantu mencari file di komputer dengan sangat cepat. Tapi kemampuan telah diketahui dapat mengurangi kecepatan operasional. Nonaktifkan fitur index dapat mempercepat Windows 11/10 secara maksimal.

5. Jalankan Pembersih Disk

Hard disk yang diisi dengan terlalu banyak file akan memengaruhi kinerja Windows 11/10. Salah satu cara paling efektif untuk membuat komputer berfungsi dengan kecepatan penuh adalah menghapus file lama dan tak diinginkan. 

File sampah tidak dapat dibiarkan karena lebih cenderung untuk menunggu sistem Anda. Untuk melakukan pembersihan disk yang berhasil, kunjungi Storage Sense di siste untuk menampilkan prosedur pembersihan sistem. 

Demikian cara mempercepat laptop windows 11. Selamat mencoba!

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)