Fitur Tab Auto Grouping di Edge Ternyata Bocorkan Situs ke Microsoft! - winpoin

 Fitur Tab Auto Grouping di Edge Ternyata Bocorkan Situs ke Microsoft!

Gylang Satria

Semejak bulan Maret 2023 lalu Microsoft mulai menguji sebuah fitur yang bernama Tab auto grouping, dimana dengan fitur ini pengguna bisa membuat beberapa grup tab / tab group disatukan berdasarkan topik dan domain.

Namun tampaknya fitur tersebut mengirimkan URL situs yang dibuka pengguna ke server Microsoft, dimana ini tentu adalah sebuah skandal lain yang hadir akibat kekurangan fitur yang dihadirkan Microsoft.

Lalu bagaimana cara kerjanya?, menurut Ghacksbehavior ini sebenarnya memang disengaja dimana Microsoft mencatat pengelompokan tab otomatis ini oleh AI.

Yesterday, we announced Tab Auto-grouping in Edge, which uses AI to group your tabs based on specific topics or categories. Simply navigate to the tab icon on the top left, and click on group similar tabs, and Copilot will group your tabs, leaving your browser window, and mind, less cluttered.

Namun tentu perlu diingat bahwa Copilot dan kemampuan AI lainnya ini bukanlah sebuah fitur lokal atau offline, karena meskipun terintegrasi dengan Microsoft Edge, pemrosesan masih dilakukan dari sisi server Microsoft, sebagai contoh jika kamu mencoba melakukan pengelompokan tab secara otomatis dalam posisi perangkat offline, maka fitur ini tidak akan bekerja.

Jadi jika kita memilih untuk mengelompokan tab secara otoamtis dengan fitur ini, semua URL dari tab yang terbuka akan dikirimkan ke Microsoft, dimana selanjutnya akan diproses oleh AI mereka dan dikirimkan kembali dengan hasil pengelompokan tab otomatis ini.

Sebenarnya sih jika kita perhatikan ini bukanlah sebuah hal yang mengejutkan dan malah wajar saja dilakukan, namun ini tentu bukan hal yang diinginkan semua pengguna, terlebih mereka yang benar benar aware terkait masalah privacy dan keamanan.

Alasan lainnya tentu karena bagaimanapun semua URL dari tab yang terbuka akan disimpan dan diproses di server Microsoft, dengan kata lain Microsoft tahu apa yang kita buka. Dan yang jadi masalah disini sebenarnya adalah ketidak terbukaan Microsoft mengenai fitur ini, karena mereka tidak menyebutkan bahwa fitur ini diproses dari sisi server mereka.

Bagi saya sendiri ini bukanlah sebuah masalah, bahkan jika Microsoft tidak menyebutkan informasi apapun mengenai cara kerja fitur ini, nyatanya fitur ini bermanfaat karena kita bisa dengan mudah mengelompokan grup tab tanpa harus melakukannya secara manual. Namun perlu diingat bahwa hingga saat ini fitur ini masih dalam status uji coba dan bahkan belum tersedia untuk semua pengguna.

Bagaimana menurutmu? silahkan berikan pendapat dan opinimu dibawah guys.

Via : Ghacks

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)