Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023, Menang Dramatis dari Jepang - detik

Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023, Menang Dramatis dari Jepang

Panji Saputro

Jakarta-

Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023, usai mengalahkan Jepang di babak grand final. Sang Garuda menang dramatis lewat adu penalti di leg pertama, dan skor tipis 1-0 di leg kedua.

Partai puncak berlangsung di Virtuocity Arena, Doha, Qatar, pada Hari Senin (5/2/2024) pada pukul 23.00 WIB. Elga Cahya Putra dan Rizky Faidan, kembali dipercaya timnas untuk memenangkan pertandingan.

Adapun laga terakhir AFC eAsian Cup 2023 ini, merupakan pertemuan kedua kalinya bagi Indonesia dan Jepang. Sebelumnya Garuda Muda bertemu lawannya itu di babak grup dengan hasil imbang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kendati demikian, saat itu Indonesia mampu menang telak di leg pertama dengan skor akhir 5-1. Sedangkan leg kedua kalah tipis 1-2 dari Jepang.

Pertandingan super menegangkan pun juga tersaji di babak grand final. Jepang seakan belajar dari kesalahannya di babak grup, mengingat pola permainannya kali ini cukup rapi.

Indonesia kesulitan membobol gawang Jepang. Begitu pula dengan Jepang yang kewalahan mencari cara menembus pertahanan Garuda Muda.

Timnas akhirnya berhasil mencetak skor pertamanya di menit ke-70. Goal tercipta saat Elga/Rizky melakukan plesing, melalui sepakan lembut Ramadhan Sananta di depan kiper lawan.

Namun sayangnya Jepang mampu menyamakan kedudukan jelang leg pertama berakhir. Goal terjadi di menit ke-94, ketika T.Kubo memanfaatkan bola rebound dari tendangan kencang T.Asano di dalam kotak penalti.

Skor imbang bertahan hingga kedua tim memasuki babak adu penalti. Di sini Indonesia menang, setelah menggagalkan empat tendangan atlet esport Jepang, dan sukses memasukkan tiga sepakan.

Lanjut di leg kedua, jalannya pertandingan antara Indonesia Vs Jepang tidak jauh berbeda dengan leg pertama. Keduanya sama-sama ngotot, baik ketika menyerang maupun bertahan.

Namun Indonesia kembali menunjukkan kelasnya. Mereka mampu unggul duluan di menit ke-100, lewat skema cantik yang dibangun dari free kick hadiah wasit.

Elga/Rizky sukses mengelabui pemain Jepang. Saddil Ramadani yang dikira menjadi eksekutor tendangan bebas, nyatanya melakukan umpan datar ke dalam kotak penalti, dan dimanfaatkan dengan baik oleh Dimas Drajad.

Tendangannya melesat di antara para pemain Jepang. Setelah unggul 1-0, Indonesia bermain aman dengan membuang bola langsung ke arah gawang Jepang sampai leg kedua berakhir.

Simak Video "Momen Ganjar Nobar Laga Indonesia Vs Irak di Rumah Warga Banjarnegara"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)

Awesome
Needs Work
Contact

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin