KPU Akui Segera Koreksi Hasil Penghitungan Suara di Sirekap - inilah

 

KPU Akui Segera Koreksi Hasil Penghitungan Suara di Sirekap

Oleh
Share

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari bersama Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) buka suara soal banyaknya keluhan masyarakat terkait perbedaan hasil penghitungan suara dalam Sistem Informasi Rakapitulasi (Sirekap) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami sesungguhnya mengetahui dan tentu saja untuk yang penghitungan atau konversi dari yang formulir ke angka-angka penghitungan akan kami koreksi segera mungkin,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa pihaknya masih terus memantau soal adanya perbedaan perhitungan dalam Sirekap dan formulir C hasil pleno TPS. 

“Dalam Sirekap kan ada sistem untuk konversi yang membaca formulir tersebut dan kemudian secara otomatis akan muncul angka hitungannya. Nah, di situ ada problem,” tuturnya.

Advertisement

“Oleh karena itu, kami di KPU Pusat melalui sistem yang ada itu termonitor daerah mana saja yang antara unggahan formulir C hasilnya dengan yang konversinya salah, itu termonitor,” sambung Hasyim.

Sementara itu, Ia menyebut bahwa pihaknya menilai dari segi penjumlahan atau penghitungan suara belum ada laporan yang salah.

“Yang salah atau tidak tepat adalah jumlah dengan yang di konversi menjadi angka hitungannya itu,” tambahnya.

Baca Juga:

Hasyim memastikan bahwa pihaknya akan mengoreksi melalui mekanisme rekapitulasi di tingkat kecamatan. Kemudian, nantinya formulir hasil rekapitulasi tingkat kecamatan, formulir C itu juga akan diunggah di dalam Sirekap.

“Sehinga nanti siapapun bisa ngecek ulang, apakah formulir yang katakanlah, sekiranya atau seandainya ditemukan yang salah hitung atau salah tulis sudah dikoreksi atau belum di mekanisme rekapitulasi di tingkat kecamatan,” pungkasnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin