Mengenal Perbedaan Sudo vs Run As di Windows 11 - winpoin

 Mengenal Perbedaan Sudo vs Run As di Windows 11

Seperti yang telah diungkapkan dalam release note Windows 11 Insider Build 26052 lalu, Microsoft memperkenalkan sudo yang merupakan cara baru untuk menjalankan perintah atau program dengan izin super user tanpa harus membuka instances lain di Command Prompt atau di Powershell.

Sudo ini akan mirip dengan apa yang ada di Linux dimana pengguna bisa langsung mendapatkan akses super user tanpa harus membuka kembali console.

Lalu apa sih bedanya sudo dengan run as, mengingat sekilas fungsinya terdengar hampir sama?, nah mengenai hal tersebut Microsoft dalam dokumen resminya telah menjelaskan perbedaan dari keduanya, berikut WinPoin rangkum bedanya sudo vs run as di Windows 11.

Run as

Run as akan memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi atau perintah sebagai pengguna apapun (termasuk administrator) di Windows.

Sebagai contoh di cmd kita akan menjalankan perintah netstat -ab, jika kita menjalankannya sebagai (run as user), maka perintah tidak akan berjalan.

Sehingga dengan itu kita harus membuka kembali jendela cmd baru dengan cara run as administrator dan kemudian menjalankan perintah netstat -ab kembali.

Sudo

Sementara itu, sudo tidak dapat menjalankan perintah atau program sebagai pengguna lain dan langsung berinteraksi dengan sistem (dengan kata lain akan langsung berjalan dengan run as administrator) ketika perintah sudo dimasukan.

Nah seperti pada gambar diagram yang dibagikan Microsoft diatas, mereka secara singkat menjelaskan bagaimana sudo berinteraksi dengan sistem ketika pengguna mengetikan suatu perintah dalam terminal process.

Jadi ketika pengguna mencoba menjalankan perintah netstat -ab menggunakan sudo (sudo netstat -ab) di terminal (tanpa run administrator), maka terminal (baik itu menjalankan CMD atau Poweshell) akan berkomunikasi dengan ConDrv sebuah driver console untuk menangani input atau output, dimana selanjutnya sudo.exe akan aktif dan membentuk koneksi RPC (yang akan dikonfirmasi dengan User Account Control) selanjutnya akan menjalankan perintah netstat -ab dengan hak akses administratif.

Singkatnya begini, bahkan jika CMD / Powershell dibuka dengan tanpa run as administrator, cukup menambahkan perintah sudo, semua perintah yang memerlukan hak akses admin akan langsung berjalan.

Nah seperti pada gambar diatas, diatas saya telah mengkonfigurasi sudo dengan konfigurasi inline sehingga akan berjalan dalam jendela console saat ini. Ketika saya mengetikkan perintah netstat -ab tanpa sudo, maka perintah tersebut berjalan sebagai run as user yang tentu perintah akan gagal berjalan, kemudian setelah menambahkan sudo pada baris perintah, maka perintah akan langsung berjalan karena hak akses telah berganti ke run as administrator.

Kesimpulan

Run as dapat berjalan dengan dua opsi run as user atau run as administrator, ketika pengguna menjalankan console dengan run as user dan kemudian pengguna ingin membuka console dengan hak akses penuh, maka pengguna harus menutup dan membuka kembali console dengan hak akses run as administrator terlebih dahulu.

Sementara sudo, ketika console sudah berjalan dengan run as user, dengan menambahkan perintah sudo maka pengguna bisa langsung berpindah ke akses administrator tanpa harus menutup console terlebih dahulu.

Nah itulah sedikit penjelasan dari WinPoin, semua referensi bisa kamu temukan dalam halaman Microsoft berikut, intinya sudo ini mirip dengan apa yang ada di linux, dimana dengan sudo, maka satu console yang terbuka bisa diakses dengan akses user atau admin tanpa harus menutup console terlebih dahulu.

Dan jika sudo ini sukses, mungkin kedepannya opsi run as administrator akan dihilangkan dan sepenuhnya digantikan dengan sudo karena fungsinya sama. Namun bagaimana menurutmu? komen dibawah guys dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)