Pakai Situs, Cara Mudah Kawal Suara Pemilu 2024 sejak TPS - CNN Indonesia

 Pakai Situs, Cara Mudah Kawal Suara Pemilu 2024 sejak TPS

CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat Indonesia bisa ikut mengawal perhitungan suara Pemilu 2024 lewat beberapa situs, mulai dari Kawal Pemilu hingga Jaga Pemilu.

Pemilu Indonesia, yang digelar pada Rabu (14/2), punya level perhitungan atau rekapitulasi suara berjenjang. Yakni, dimulai dari pencoblosan tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hasilnya akan dicatat dalam formulir model C1.

Kotak suara beserta isinya dan dokumen administrasi dilimpahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Di level ini, perhitungan berlanjut untuk tingkat kecamatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rekapitulasi sejenis selanjutnya dilakukan di tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi oleh KPU provinsi, dan terakhir dilakukan di tingkat nasional oleh KPU. Hasilnya ditetapkan sebagai hasil rekapitulasi suara nasional.

Nah, di saat dugaan kecurangan pemilu makin nyata, termasuk yang diungkap para pakar hukum konstitusi lewat film dokumenter Dirty Vote, usaha mengawal suara sejak tingkat TPS penting dilakukan.

Caranya mudah. Cukup pakai situs tertentu buat meng-upload hasil di TPS masing-masing, berikut di antaranya:

KawalPemilu

Dalam situsnya, KawalPemilu mengaku memiliki misi "memampukan seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap TPS se-Indonesia melalui teknologi yang mudah dan andal."

Setiap orang bisa memfoto hasil pemilihan presiden (pilpres) dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau form C-PPWP berisikan hasil akhir setiap paslon.

Kemudian, foto tersebut dapat diunggah di situs kawalpemilu.org setelah sebelumnya melakukan login. Pengunggah juga perlu melampirkan angka hasil penghitungan suara.

Pihak KawalPemilu nantinya akan me-review foto, hasil suara, serta lokasi TPS yang diunggah.

"Kami ingin KawalPemilu menjadi tempat untuk mencocokan data dari TPS sampai tabulasi tingkat nasional. Semakin banyak orang yang mengunggah foto dari TPS tersebut, semakin besar transparansi di TPS tersebut," tulis KawalPemilu.

Selain KawalPemilu, situs lain yang mengajak partisipasi masyarakat mengawal pemilu 2024 adalah Jaga Pemilu. Seperti KawalPemilu, setiap orang juga dapat mengunggah form C-Hasil untuk penghitungan suara setelah sebelumnya mendaftar untuk menjadi relawan di situs jagapemilu.com.

"Data para relawan yang telah diverifikasi akan diakumulasikan dan ditampilkan untuk publik," tulis Jaga Pemilu di situsnya.

Selain itu, platform ini juga menyediakan kanal laporan untuk dugaan pelanggaran pemilu. Setiap orang bisa melakukan laporan, mulai dari pelanggaran konten kampanye, cara kampanye, hingga dugaan provokasi.

"Mendokumentasikan dan melaporkan dugaan pelanggaran pada proses Pemilu. Contohnya, dugaan pelanggaran pada konten kampanye, cara/proses kampanye, dugaan provokasi, dugaan serangan fajar, dan sebagainya. Laporan dari relawan yang telah diverifikasi oleh Jaga Pemilu akan ditampilkan untuk publik," tulis mereka.

Selain dua situs tersebut, ada platform lain yang dapat digunakan masyarakat untuk membantu mengawal pemilu yang bernama Warga Jaga Suara. Sedikit berbeda, platform ini menggunakan format aplikasi di ponsel Android.

(lom/arh)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)