Sudo for Windows Ternyata Bisa Berjalan di Windows 7 - winpoin

 Sudo for Windows Ternyata Bisa Berjalan di Windows 7

Gylang Satria

Seperti yang telah kita tahu, sebelumnya Microsoft menghadirkan dukungan perintah sudo di Windows 11 mulai Windows 11 Insider Build 26052 dimana dengan perintah tersebut kita bisa mendapatkan hak akses super user mirip seperti yang ada di Linux.

Dan mengenai sudo ini, tahukah kamu ternyata sudo for windows, dapat berjalan di Windows 7 yang mana telah dimatikan dan tidak lagi didukung Microsoft sejak tahun 2020 lalu.

Nah seperti yang tampil pada video demonstrasi diatas, sudo bisa berjalan dengan cukup baik di command pompt di Windows 7 dan besar kemungkinan dapat berjalan juga di Windows 8, 8.1 dan Windows 10 dengan sedikit trik yang bisa kita lakukan.

Baca Juga : RIP, Kabarnya Windows 11 Versi 24H2 Tidak Akan Berjalan di Processor Intel Core 2 Duo!

Cara Install Sudo for Windows di Windows 7

Agar sudo for windows dapat berjalan, kita bisa mengikuti beberapa langkah berikut :

Langkah 1. Pertama silahkan kamu download file arsip sudo for windows dari halaman berikut atau dari halaman berikut (jika link pertama expired).

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu extract file arsip yang telah didownload barusan dan silahkan kamu copy file sudo.exe ke folder Windows\System32.

Langkah 3. Setelah kamu copy, silahkan kamu buka command prompt as administrator dan kemudian silahkan kamu masukan salah satu dari dua perintah berikut :

sudo config --enable enable

#perintah diatas adalah perintah untuk opsi inline mode

sudo config --enable forceNewWindow
#perintah diatas adalah perintah untuk opsi new tab

Setelah itu, sudo sudah bisa kamu gunakan di command prompt yang kamu buka, apakah kamu tertarik mencoba? jika iya langsung saja coba guys, dalam artikel ini saya mencoba menerapkannya di Windows 10 dan harusnya dapat berjalan baik juga di Windows 7, 8 dan 8.1.

Untuk pengujian lanjutan mungkin akan kita coba lain waktu ya, seperti misalkan mencoba menghapus folder system32 dan hal lainnya, karena jujur sayapun penasaran mengenai fungsi sudo di Windows, apakah ini akan sama seperti di Linux atau hanya gimmick saja. Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys dan berikan pendapatmu.

Via : Bob Pony / X

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)