Windows 11 Akan Dapatkan Perintah ‘sudo’ Seperti di Linux! - winpoin

 

Windows 11 Akan Dapatkan Perintah ‘sudo’ Seperti di Linux!

Windows 11 Akan Dapatkan Perintah 'sudo' Seperti di Linux!
Gylang Satria

Microsoft dikabarkan saat ini sedang menguji port perintah sudo dari Linux ke Windows 11 dalam build internal mereka. Dan seperti yang telah kita tahu, perintah ini memberikan hak istimewa super user untuk tugas administratif yang tidak dapat dilakukan oleh normal user / standar user.

Untuk saat ini, para pengguna yang ingin mengakses perintah sudo di Windows 11 dapat mengaktifkannya melalui opsi pengembang yang tersedia pada Settings > System > For developer.

Seperti pada gambar bocoran diatas, penambahan sudo sendiri telah ditemukan dalam bocoran versi preview dari Windows Server, dimana Microsoft secara tidak sengaja menerbitkannya ke server Windows Update selama akhir pekan ini. Dan kabarnya, perintah sudo di insider build Windows 11 memerlukan “Developer Mode” hanya saja sayangnya belum berfungsi dengan benar seperti seharusnya.

Nah selain itu, masih seperti pada gambar yang dapat kamu lihat diatas, pengguna akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan perilaku perintah sudo dengan menyesuaikan preferensi dari operasi perintah, dimana itu mencakup :

Open in a new tab : Ketika menjalankan perintah dengan sudo, perintah akan terbuka di jendela (window) terpisah.

Disabling input : Fungsi ini masih belum jelas tujuannya, namun mungkin ini akan berfungsi sebagai tindakan keamanan dengan menonaktifkan sementara input keyboard atau mouse saat perintah sudo dijalankan.

Inline Mode : Mode ini akan memungkinkan pengguna menjalankan perintah sudo di jendela terkini (current window) atau context tanpa membuka jendela baru. Opsi ini juga akan bermanfaat untuk tugas cepat atau ketika pengguna sedang bekerja dalam IDE atau Integrated Development Environment.

Sementara itu, perintah sudo di Windows 11 sendiri akan memberikan peringatan pada pengguna bahwa menjalankan perintah tersebut dapat membuat perangkat atau data pribadi mereka terkena resiko keamanan dan potensi bahaya.

Nah meskipun masih belum jelas kapan peintah sudo ini akan tersedia di Windows 11, namun mungkin dalam waktu dekat kita akan mendapatkan perintah sudo di Command Prompt, Powershell atau antarmuka terminal apapun di Windows insider terbaru. Kita lihat saja nanti akan seperti apa, namun perlu diingat juga bahwa opsi sudo ini hanya dapat aktif jika mode developer diaktifkan.

Bagaimana menurutmu? apakah kamu akan suka dengan kehadiran sudo di Windows?, menurut saya nih ini mungkin akan menjadi perubahan paling extreme yang akan terjadi di WIndows jika benar sudo akan dihadirkan, kenapa? karena seperti yang kita tahu, di Linux sendiri dengan perintah sudo kita bahkan dapat mengubah banyak hal baik aplikasi, sistem dan lainnya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)