30 mesin pencari keamanan siber terbaik untuk tahun 2024 - tek id

Dirut Bakti Optimistis Sisa Proyek BTS 4G Jokowi Selesai Juni 2024 - detik

 

Dirut Bakti Optimistis Sisa Proyek BTS 4G Jokowi Selesai Juni 2024

Agus Tri Haryanto

Jakarta-

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Dirut Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Fadhilah Mathar, optimistis sisa pembangunan pengadaan base transceiver station (BTS4G Bakti Kominfo akan selesai tepat waktu pertengahan tahun ini.

Saat diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir 2023, 4.990 BTS 4G on air di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). Sementara itu, sebanyak 630 BTS yang dinyatakan belum selesai karena berada di area kahar dan itu mayoritas berada di Papua.

Ketika itu, Jokowi memberi waktu kepada Bakti Kominfo agar menyelesaikannya sampai semester pertama 2024. Dirut Bakti Fadhilah pun memberikan perkembangan terbaru sisa pembangunan BTS 4G Bakti Kominfo tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk update yang 5.618 BTS 4G memang agak terkendala karena persoalan hukum. Alhamdulillah, diperisai oleh Satgas yang diketuai Pak Sarwoto, pak menteri juga sangat afirmatif mendorong penyelesaian ini," ujar Fadhilah di acara CNBC Indonesia, Tech & Telco Summit 2024, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

"Di 28 Desember 2023 sudah diresmikan 4.990 BTS, sekarang sudah berprogres. Dan, yang belum sampai saat ini material on site itu sisa 421 lokasi dan semuanya di Papua. Kami sudah melakukan rakor minggu lalu dengan Pemda Papua, Kepala Dinas Papua, dan Bupati. Mereka siap membantu kami menjamin pembangunan di sana," sambungnya.

Perempuan yang disapa Indah ini menjelaskan pembangunan BTS 4G Bakti Kominfo di Bumi Cendrawasih itu terbilang khas dibandingkan daerah lainnya.

"Penyelesaiannya bukan hanya soal geografis tapi lebih kepada kendala-kendala keamanan," ucapnya.

Ia menjanjikan sisa pembangunan BTS 4G itu selesai tepat waktu, yakni sesuai dengan arahan Jokowi saat meresmikan proyek infrastruktur telekomunikasi tersebut akhir tahun lalu.

"Sesuai Pak Presiden, tetap di Juni 2024. Mohon dukungannya bapak, ibu, " tegasnya.

Sebelumnya, terkait ratusan BTS 4G Bakti Kominfo yang belum terbangun di Papua itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membantah kalau proyek tersebut ditentang masyarakat setempat.

"Nggak ada penolakan, masyarakat justru membutuhkan akses internet. Masyarakat meminta, bukan penolakan. Sekarang masyarakat lewat Bupati-nya yang minta. Masyarakat yang meminta pembangunan BTS di daerahnya," kata Budi usai peresmian proyek BTS 4G Bakti Kominfo.

Simak Video "Jokowi Bicara Kendala Korupsi di Tengah Proyek BTS 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

Awesome
Needs Work
Contact

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin