Google Dilarang di Tiongkok, Apple Pakai Baidu AI untuk iOS 18 - BeritaSatu

 

Google Dilarang di Tiongkok, Apple Pakai Baidu AI untuk iOS 18

Selasa, 26 Maret 2024 | 21:06 WIB
Herman / HE

Jakarta, Beritasatu.com - Apple dikabarkan sedang berbicara dengan Google mengenai kemungkinan mengadopsi teknologi AI Gemini muntuk digunakan dalam sistem operasi iOS terbaru. Namun, hal itu tidak mungkin dilakukan di China mengingat layanan Google dilarang.

Karena itu, solusinya adalah bekerja sama dengan pemain lokal. Kabar terbaru menyebutkan, Apple akan bermitra dengan Baidu,yang telah lama dijuluki sebagai Google-nya China.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (263/2024), Baidu akan menyediakan layanan AI untuk perangkat terbaru Apple yang khusus dipasarkan di Tiongkok. Baidu akan menjadi penyedia AI generatif bagi Apple di negara ini, dimulai dari rilis iOS 18.

Apple kabarnya juga sudah menjajaki kerja sama dengan Alibaba dan beberapa perusahaan Tiongkok lainnya yang tidak disebutkan namanya untuk menyediakan model bahasa besar atau large language model (LLM) sebelum akhirnya memilih Baidu.

Di Tiongkok, setiap LLM harus mendapatkan persetujuan dari regulator sebelum dapat diluncurkan ke publik, dan Ernie Bot dari Baidu merupakan salah satu dari lebih dari 40 LLM yang telah mendapat persetujuan.

CEO Baidu Robin Li mengatakan bisnis AI perusahaan kemungkinan akan menjadi penggerak utama pendapatan tahun ini. Kerja sama dengan Apple pastinya akan memperkuat hal ini.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)