Prabowo Akan Bawa Indonesia Swasembada Energi Terbarukan - BeritaSatu

 

Prabowo Akan Bawa Indonesia Swasembada Energi Terbarukan

Kamis, 29 Februari 2024 | 23:55 WIB
WP
WP
Prabowo Subianto dalam sambutanya dalam acara Wisuda Universitas Kebangsaan Indonesia, Kota Bandung. Kamis, 29 Februari 2024.
Prabowo Subianto dalam sambutanya dalam acara Wisuda Universitas Kebangsaan Indonesia, Kota Bandung. Kamis, 29 Februari 2024. (Beritasatu.com/Aep Sopandi)

Bandung, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk membawa Indonesia menuju swasembada energi terbarukan yang bersumber dari tanaman seperti kelapa sawit, tebu, hingga singkong.

ADVERTISEMENT

“Nanti kita bukan lagi ambil minyak dari tanah terus habis, gas dari tanah habis, selama ada matahari dan selama ada hujan, setiap tahun kita bisa panen solar (surya), banyak negara iri sama Indonesia,” kata Prabowo dalam orasi ilmiah saat wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/2/2024) dikutip Antara

BACA JUGA

Dia mengatakan energi terbarukan yang bersumber dari tanaman sangat baik karena tidak membuat polusi sekaligus mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap energi fosil yang tidak ramah lingkungan. “Kita nanti green energy dan kita akan swasembada energi bensin, dari mana? Dari etanol, etanol dari mana? Dari tebu dan singkong,” kata dia.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, dia menyampaikan dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia mampu mengubah BBM jenis biodiesel seluruhnya berbahan baku dari kelapa sawit yang bertujuan untuk menghentikan impor bahan bakar dari luar negeri.

“Kita sudah bisa bikin B-100, artinya biodiesel dari kelapa sawit 100%. Bisa kita bayangkan tidak? Kita tidak akan impor lagi solar dari luar negeri, karena kita punya produksi kelapa sawit sekarang 48 juta ton,” katanya.

BACA JUGA

Prabowo optimistis Indonesia dapat mencapai swasembada energi terbarukan dalam waktu yang relatif singkat, serta menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam hal transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan. “Artinya nanti BBM kita akan ramah lingkungan, tidak ada polusi dan terbarukan,” kata Prabowo.

Untuk meraih hal itu semua, menurut dia, Indonesia membutuhkan anak-anak muda yang tangguh, cerdas, dan pintar agar dapat mengolah kekayaan sumber daya alam untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara mandiri dalam energi terbarukan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)