Target Nol Emisi 2030, Uber Kian Ramah Lingkungan - Selular.ID
Selular.ID – Gojek dan Grab sudah sejak tiga tahun lalu menyediakan layanan antar jemput menggunakan kendaraan listrik. Namun Uber selangkah lebih baik.
Selain menyediakan electric vehicle (EV) di segala segmen, perusahaan juga menyediakan insentif ke pengemudi EV dan meluncurkan kartu skor emisi ke pelanggan dengan target bebas emisi di tahun 2030.
Yang terbaru, layanan ride hailing paling populer di Amerika itu kini menghadirkan layanan rideshare mewah serba listrik ke pasar terbesarnya: New York City.
Peluncuran ini akan bertepatan dengan peluncuran fitur produk baru yang bertujuan mengarahkan pelanggan menuju pilihan yang lebih ramah lingkungan saat menggunakan Uber.
Uber pertama kali meluncurkan layanan Comfort Electric, di mana pelanggan dapat menikmati perjalanan dengan kendaraan listrik dengan harga premium seperti Tesla, Polestar, dan Ford Mustang Mach-E, pada Mei 2022.
Dan sejak itu, layanan tersebut telah diluncurkan di 41 kota, yang terbaru sekarang menjadi New York.
Alasan Uber belum meluncurkan layanan kendaraan listrik kelas atas di Big Apple sebelum hari ini adalah karena kota tersebut memberlakukan batasan jumlah lisensi perjalanan kendaraan listrik yang diberikan oleh Komisi Taksi dan Limusin.
Namun batasan tersebut kini telah dicabut, yang pada dasarnya membuka pintu bagi lebih banyak kendaraan listrik Uber.
Mengarahkan pelanggan memilih yang lebih ramah lingkungan
Uber Comfort Electric merupakan perpanjangan dari Uber Comfort, di mana pengendara dapat meminta ruang kaki ekstra, mobil yang senyap, dan fasilitas lain yang biasanya dikaitkan dengan layanan Uber Black dengan harga lebih tinggi.
Dan produk ini setara dengan produk kendaraan listrik perusahaan lainnya, Uber Green, yang memberikan biaya tambahan kepada pengemudi (biasanya $1) untuk menggunakan kendaraan listrik.
Salah satu kendala utama bagi semakin banyak pengemudi rideshare yang menggunakan kendaraan listrik adalah ketersediaan biaya.
Untuk mencapai tujuan ini, Uber baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan layanan rideshare saingannya, Revel (perusahaan yang pernah mengoperasikan armada moped listrik tetapi kini beralih ke Tesla Model Ys).
Pengemudi Uber yang mengumpulkan hadiah melalui program Uber Pro perusahaan akan mendapatkan potongan biaya hingga 25 persen saat menggunakan pusat pengisian daya besar-besaran Revel di Brooklyn.
Perusahaan juga meluncurkan sejumlah fitur baru yang pertama kali diumumkan pada acara produk tahunan musim panas lalu.
Yang pertama adalah Penghematan Emisi, yang mirip dengan sistem peringkat bintang lima bagi pengendara dan pengemudi Uber yang sudah lama ada, tetapi untuk emisi karbon.
Saat membuka aplikasi, pelanggan akan melihat berapa banyak emisi yang dapat mereka hindari untuk dibuang ke atmosfer dengan menggunakan layanan ridehail kendaraan listrik Uber.
Selain itu, Uber Green dan Comfort Electric juga tersedia bagi remaja yang memiliki akun resmi Uber. Tahun lalu, Uber mengumumkan peluncuran proses akun baru untuk remaja yang berkendara tanpa kehadiran orang tua atau wali mereka.
Kini, para remaja tersebut dapat memilih mobil listrik dibandingkan mobil yang menimbulkan polusi di kota-kota tertentu.
Uber telah menetapkan tujuan untuk menjadi “platform tanpa emisi” di AS, Eropa, dan Kanada pada tahun 2030 – sebuah ambisi yang sulit mengingat perusahaan mengklasifikasikan pengemudinya sebagai kontraktor independen dan secara teoritis tidak dapat memaksa mereka semua untuk menggunakan kendaraan listrik.
Perusahaan mengatakan akan menghabiskan $800 juta dari uangnya sendiri untuk membantu “ratusan ribu pengemudi di AS, Kanada, dan Eropa beralih ke kendaraan listrik bertenaga baterai pada tahun 2025.”
Perlambatan pertumbuhan penjualan kendaraan listrik baru-baru ini, serta mundurnya investasi beberapa produsen mobil besar, juga menjadi faktor penting dalam rencana Uber untuk bebas emisi.
Baru-baru ini, CEO Uber Dara Khosrowshahi menulis opini di Fast Company yang meminta regulator dan produsen mobil untuk mempercepat transisi ke kendaraan listrik.
Jika tidak, Uber mungkin tidak akan mencapai targetnya pada tahun 2030.
“Kenyataannya adalah Uber tidak akan mencapai tujuan nol emisi kami tanpa tindakan yang lebih kuat dari para pengambil kebijakan dan dunia usaha,” tulis Khosrowshahi.
“Sayangnya, saat ini kita perlu mempercepat perubahan ini, banyak pemerintah dan produsen mobil yang melambat.”
Komentar
Posting Komentar